NUSANTARA

Walhi : Kerusakan Bengawan Solo Sangat Parah

"LSM Pemerhati Lingkungan Walhi menilai meluapnya air Sungai Bengawan Solo karena kondisi sungai sudah rusak parah. Ini menyusul menghilangnya resapan air di sepanjang bantaran sungai bengawan Solo."

pipit permatasari

Walhi : Kerusakan Bengawan Solo Sangat Parah
banjir, bengawan solo

LSM Pemerhati Lingkungan Walhi menilai meluapnya air Sungai Bengawan Solo karena kondisi sungai sudah rusak parah. Ini menyusul menghilangnya resapan air di sepanjang bantaran sungai bengawan Solo.

Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Timur Ony Mahardikan mengatakan, selama ini penanganan banjir oleh pemerintah lebih mengedepankan pembangunan waduk. Bukan memperbaiki resapan air hujan.

"Banjir ini sudah sudah bertahun-tahun Pemerintah tidak punya perencanaan yang matang bagaimana mengatasi banjir. Kerusakannya sangat parah. Mulai dari hulu sampai hilir. Penyelesaiannya bukan pada level proyek lagi. Ada proyek pembangunan waduk tidak menyelesaikan persoalan. Pembangunan waduk tidak menyelesaikan. Kerusakan ini nambah parah. Itu tidak bisa diselesaikan dengan pembangunan waduk,” kata Ony.

Sebelumnya, Sungai Bengawan Solo meluap kemarin. Luapan ini mengakibatkan banyak rumah warga terendam banjir setinggi lebih kurang satu meter. Banjir yang datang tiba-tiba membuat warga hanya bisa menyelamatkan barang milik mereka seadanya dan mengungsi ke tanggul Bengawan Solo.

  • banjir
  • bengawan solo

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!