Tanggul Cikidang Jebol, Ratusan Warga Mengungsi

Sekira 300 warga Kampung Bojong Soban, Tasikmalaya, Jawa Barat mengungsi karena tanggul Sungai Cikidang jebol.

NUSANTARA

Senin, 28 Jan 2013 15:20 WIB

Author

Nur Azizah

Tanggul Cikidang Jebol, Ratusan Warga Mengungsi

tanggul, jebol, tasikmalaya

KBR68H, Jakarta - Sekira 300 warga Kampung Bojong Soban, Tasikmalaya, Jawa Barat mengungsi karena tanggul Sungai Cikidang jebol.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Barat Sigit Udjawalaprana mengatakan, tanggul yang jebol itu juga mengakibatkan 80an hektar lahan persawahan terendam. Sigit mengklaim, pihaknya sudah membuka dapur umum untuk para pengungsi.

"Ya, betul sekali memang ada tanggul jebol. Di Sungai Cikidang sepanjang 30 meter akibat hujan terus menerus dan memang cuaca tidak menentu di daerah itu. Tepatnya di Kampung Bojong Sabon, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresi. Kebanyakan daerah persawahan kalau perumahannya sedikit paling sekitar 75 KK. Kita langsung mendirikan dapur umum di sana. Selama ada pengungsi itu bagian dari kita lah. Tanggu jebol itu kita usahakan kita selesaikan dalam darurat bencana dulu di situ, Nah nanti kalau sudah tidak ada hujan, kita permanenkan.," kata Sigit kepada KBR68H.

Kepala BPBD Jawa Barat, Sigit Udjawalaprana menambahkan, akan segera menyediakan batu dan kawat, juga karung pasir untuk menahan luapan air dari tanggul tersebut. Hingga kini cuaca di daerah tersebut masih mendung dan hujan.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Rencana Pembentukan Komponen Cadangan Militer Tuai Polemik