Tak Kena Cuaca Buruk, Petani Kulon Progo Untung 300 Persen

Kenaikan harga sayur berdampak positif bagi petani di pesisir Kulon Progo, Yogyakarta. Para petani di sana untung besar karena bisa menjual sayur mayur dengan harga mahal. Selain memasok kebutuhan sayur warga Yogyakarta, para petani juga menjual sayur may

NUSANTARA

Rabu, 16 Jan 2013 13:14 WIB

Author

Febriana Sinta

petani kulon progo, yogyakarta, cuaca buruk

KBR68H, Kulon Progo - Kenaikan harga sayur berdampak positif bagi petani di pesisir Kulon Progo, Yogyakarta. Para petani di sana untung besar karena bisa menjual sayur mayur dengan harga mahal. Selain memasok kebutuhan sayur warga Yogyakarta, para petani juga menjual sayur mayur ke luar daerah.

Ketua Gapoktan Petani Catur Margo Mulyo, Burhanudin mengatakan para petani untung karena tidak terkena dampak cuaca buruk. Mereka mengklaim tanaman sayur mayur mereka tidak gagal panen.

“Kalau untuk harga sayur bulan ini naik lebih 100 %, dari bulan kemarin. Kalau sawi malah naik 300 %, kalau kacang panjang naik 50%. Kalau untuk omset petani ya, naik sekitar 300 hingga 400 %,” ungkap Burhanudin.

Ketua Gapoktan Petani Catur Margo Mulyo, Burhanudin menambahkan, harga sayur di Yogyakarta makin mahal, naik hingga 300 persen. Sawi yang biasanya dijual Rp 500 per kilogram, kini naik menjadi Rp 4.000 per kilogram. Begitu juga harga cabai yang naik dari Rp 11.000 menjadi Rp 28.000 per kilogram. Sementara harga bawang putih tak stabil dari yang biasa Rp. 6.000 kini naik jadi Rp. 28.000 perkilogramnya.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN

Perempuan dan Anak Dalam Pusaran Terorisme