covid-19

Seluruh Kecamatan di Jombang Rawan Bencana

KBR68H, Jombang - Ratusan ribu nyawa di Jombang Jawa Timur, terancam menjadi korban bencana seiring datangnya musim hujan.

NUSANTARA

Rabu, 02 Jan 2013 13:34 WIB

Author

Muji Lestari

rawan bencana, jombang

KBR68H, Jombang - Ratusan ribu nyawa di Jombang Jawa Timur, terancam menjadi korban bencana seiring datangnya musim hujan. Hal ini diketahui setelah Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jombang menetapkan seluruh Kecamatan yang ada menjadi daerah rawan bencana. Sekretaris BPBD Jombang, Didik Tondosusilo, mengatakan, pemetaan itu dilakukan BPBD berdasarkan catatan historis bencana yang terjadi dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Menurutnya, sebagian desa di setiap kecamatan selalu menjadi langganan bencana, seperti banjir, tanah longsor dan angin puitng beliung.

"Ada 21 Kecamatan ini hampir semuanya kita petakan rawan bencana. Untuk semua kecamatan ini rawan bencana genangan air atau banjir, sebagian ada tanah longsor. Karena saat ini adalah musim penghujan, maka antisipasi yang pertama kami mulai hari ini juga mengadakan koordinasi dengan para camat."ujar Didik.

Sekretaris BPBD Jombang, Didik Tondosusilo menambahkan, sejak Desember lalu, sebagian wilayah di Jombang sudah dilanda bencana angin putting beliung dan genangan air dengan total kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Untuk menanggulangi bencana saat musim penghujan ini, pihaknya melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada warga untuk menghadapi bencana.



Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7