Ratusan Rumah di Situbondo Rusak Dihantam Gelombang Pasang

Ratusan rumah rusak dihantam gelombang pasang setinggi tiga meter yang melanda pesisir pantai Kabupaten Situbondo Jawa Timur.

NUSANTARA

Jumat, 11 Jan 2013 09:00 WIB

Author

Hermawan

Ratusan Rumah di Situbondo Rusak Dihantam Gelombang Pasang

gelombang pasang, situbondo

KBR68H, Situbondo – Ratusan rumah rusak dihantam gelombang pasang setinggi tiga meter yang melanda pesisir pantai Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, Zainul Arifin mengatakan, ratusan rumah rusak itu tersebar di beberapa lokasi tepi pantai. Mulai dari pesisir Kecamatan Besuki, Panarukan, sampai Kecamatan Mangaran. Selain gelombang pasang, banjir rob atau banjir akibat laut pasang setinggi lutut orang dewasa juga merendam rumah warga.

“Ini mengakibatkan banyak pertama rumah warga yang terkena dampaknya ada sebagian yang rusak, kemudian yang paling banyak tergenang air karena naiknya air pasang.Kemudian di sertai dengan cuaca yang ekstrim ini masih di hantui dengan kecemasan ini rupa – rupanya gelombang pasang yang tinggi di perkirakan sampai tingga hari lagi. Ya perkiraan ada ratusan rumah pak. Karena ratusan rumah ada di Dusun Mandaran Desa Pesisir Kecmatan Besuki itu satu kampung terkena meningginya pasang air laut yang menggenangi di Dusun tersebut,”kata Zainul Arifin.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, Zainul Arifin menambahkan, saat ini pihaknya telah menerjunkan personil ke lapangan. Selain untuk mendata, mereka juga akan membantu warga untuk membuat tanggul penahan ombak sementara di lokasi terdampak. BPBD juga mengimbau agar para nelayan di pesisir Situbondo tidak melaut sampai cuaca membaik.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Saga Akhir Pekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18