NUSANTARA

Peternak Merapi Diajak Membuat Pakan Darurat

"Kelompok ternak Lereng Merapi di Wukirsari, Cangkringan, Yogyakarta diajari untuk membuat pakan ternak darurat"

Radio Unisi FM

Peternak Merapi Diajak Membuat Pakan Darurat
pakan ternak, UGM

KBR68H, Yogyakarta- Kelompok ternak Lereng Merapi di Wukirsari, Cangkringan, Yogyakarta diajari untuk membuat pakan ternak darurat . Kegiatan ini sebagai bentuk pendidikan pengurangan resiko bencana sehingga peternak lebih siap mengelola ternaknya dalam situasi sulit.

Pelatihan ini digelar Bagian Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan UGM  yang melibatkan mahasiswa UGM dan beberapa mahasiswa PTS Yogyakarta. Pakan darurat ini berbasis bahan baku lokal seperti jerami padi dan rumput. Kedua bahan ini dicampur dengan bahan tertentu untuk diproses secara fermentasi.

Jika seorang peternak memiliki 1 ekor sapi, pakan komplit berkapasitas 1 ton bisa digunakan untuk stok pakan selama lebih 40 hari. Kendati pelatihan tersebut belum sepenuhnya melibatkan semua peternak yang tinggal di kawasan lereng Merapi, UGM UGM berencana menggelar pelatihan secara rutin agar transfer ilmu pengetahuan tersebut  bermanfaat bagi masyarakat. (Radio Unisi FM)

Sumber: http://unisifm.com/news/peternak-merapi-diajak-membuat-pakan-darurat-yogya-radio-jogja

  • pakan ternak
  • UGM

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!