NUSANTARA

Petani Ogan Ilir kembali Bentrok dengan PTPN VII

Petani Ogan Ilir kembali Bentrok dengan PTPN VII

KBR68H, Jakarta - Petani di kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan kembali bentrok dengan aparat terkait sengketa lahan dengan PTPN VII Cinta Manis.

Direktur Walhi Sumatera Selatan Anwar Sadat mengatakan, aparat polisi dari Polres Ogan IIir mengerahkan 150 personil dan menghancurkan pagar serta sebuah tempat ibadah mushola. Kata Anwar, aparat berupaya memburu dua warga yang dianggap sebagai provokator.

“Tidak ada alasan polisi untuk melakukan upaya represif terhadap warga karena juga tidak ada dasar yang kuat kalau itu lahan milik perusahaan karena tidak ada HGU. Kemudian tentang PTPN yang telah ganti rugi, juga tidak terbukti kepada siapa ganti rugi? Berapa luasannya? Jadi, kalau warga ingin mengklaim lahan milik mereka, itu tidak keliru,” kara Anwar.

Direktur Walhi Sumatera Selatan Anwar Sadat menambahkan, bentrokan ini merupakan kali kedua yang terjadi dalam sepuluh hari terakhir. Sabtu pekan lalu aparat kepolisian pernah menyerang warga.

Menurut Anwar, pihaknya sudah melaporkan Kapolres Ogan Ilir atas perbuatan itu kepada Polda Sumsel. Kejadian ini menurutnya dapat memicu bentrokan besar seperti terjadi pada pertengahan Juli tahun lalu.

  • petani
  • ogan ilir
  • bentrok
  • PTPN

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!