Bagikan:

Perhutani akan Lepasliarkan Owa Jawa di Gunung Malabar

PT.Perhutani bakal melepasliarkan 4 pasang Owa Jawa (Hylobates moloch) di kawasan penangkaran di Gunung Malabar, Bandung Selatan.

NUSANTARA

Kamis, 10 Jan 2013 19:47 WIB

owa jawa, gunung malabar

KBR68H, Jakarta- PT.Perhutani bakal melepasliarkan 4 pasang Owa Jawa (Hylobates moloch) di kawasan penangkaran di Gunung Malabar, Bandung Selatan.  Upaya itu untuk mengembangbiakan hewan yang merupakan spesies kera kecil tanpa ekor yang jumlahnya tinggal ratusan saja.

“Selama ini Perhutani tidak pernah berfikir mengenai konservasi dan kami bekerjasama dengan Yayasan Owa Jawa untuk melakukan hal ini. Dan sebelumnya yayasan kesulitan penangkaran owa Jawa yang ada di kawasan Lido.  Yayasan Owa Jawa kesulitan mencari lahannya dan kami menyiapkan lahan di hutan lindung di kawasan Gunung Malabar seluas 8000 ha dan mengajak masyarakat untuk tahu tentang Owa Jawa sekaligus menjadi area kawasan wisata. Jadi pelepasliaran itu melibatkan masyarakat untuk menjaga sehingga kawasan ini menjadi kawasan yang bermanfaat bagi masyarakatnya,” kata Bambang Sukmananto, Direktur Perhutani.

Perhutani, tambah Bambang, bukan hanya institusi yang mengelola hutan tetapi juga punya kepedulian terhadap hewan seperti Owa Jawa. “Rencananya pelepasliaran ini baru pertama kali dan akan dilakukan April nanti dan mohon dukungan banyak pihak sehingga kegiatan ini berlangsung lancer,” ujarnya.(Green Radio FM)

Sumber: http://www.greenradio.fm/news/latest/8222-perhutani-akan-lepasliarkan-owa-jawa-di-gunung-malabar

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7