NUSANTARA

Pasangan Cagub Habel-Yop Lapor Pelanggaran Pilkada Ke Polda Papua

"Pasangan calon gubernur Papua, Habel Melkias Suwae-Yop Kogoya melaporkan indikasi pelanggaran pemilihan gubernur ke Kepolisian."

Pasangan Cagub Habel-Yop Lapor Pelanggaran Pilkada Ke Polda Papua
pilkada papua, pelanggaran

KBR68H, Jayapura - Pasangan calon gubernur Papua, Habel Melkias Suwae-Yop Kogoya melaporkan indikasi pelanggaran pemilihan gubernur ke Kepolisian. Kuasa hukum pasangan tersebut, Paskalis Letsoin mengatakan, temuan indikasi pelanggaran itu terjadi saat masa kampanye dan pencoblosan berlangsung. Ia berharap, Polisi segera menyelidiki temuannya itu.

“Sesudah kampanye maupun sebelum kampanye dan akhir-akhir ini hingga pencoblosan itu terjadi money politic. Money politic ini dilakukan baik oleh kepala daerah, oleh tim pasangan calon yang cukup merasa mantap sebagai sebagian beberapa nanti didaerah,” jelas Paskalis Letsoin.

Sepuluh pelanggaran yang dilaporkan antara lain temuan adanya bupati atau kepala daerah berpihak pada calon tertentu, terjadinya ancaman kepada kepala kampung atau distrik untuk memenangkan pasangan tertentu, mobilisasi massa, banyak undangan pencoblosan yang diperjual-belikan serta petugas PPD dan PPS terlibat untuk merubah perolehan suara. Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua berlangsung 29 Januari lalu. Dalam hitung cepat atau quick count, pasangan Lukas Enembe dan Klemen Tinal dari Partai Demokrat unggul sementara. 

  • pilkada papua
  • pelanggaran

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!