Normalisasi Kali, Pemprov DKI Jakarta Siapkan Eskavator Amfibi

Pemerintah DKI Jakarta bakal mengerahkan peralatan canggih untuk menormalisasi sungai yang melintasi Jakarta. Peralatan canggih itu seperti, eskavator amfibi yang bisa bekerja di darat maupun di air.

NUSANTARA

Rabu, 30 Jan 2013 11:31 WIB

Author

Bambang Hari

Normalisasi Kali, Pemprov DKI Jakarta Siapkan Eskavator Amfibi

eskavator, normalisasi, jokowi

KBR68H, Jakarta - Pemerintah DKI Jakarta bakal mengerahkan peralatan canggih untuk menormalisasi sungai yang melintasi Jakarta. Peralatan canggih itu seperti, eskavator amfibi yang bisa bekerja di darat maupun di air. Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengatakan, pengadaan peralatan itu perlu dilakukan untuk mendukung pemulihan kota pasca banjir.

"Misalnya tidak dikeruki pakai perahu sampan atau dikeruki pakai cangkul, tidak. Karena semua negara maju sudah menggunakan teknik sedot dengan menggunakan dredger. Kemudian ngeruknya, eskavatornya tidak eskavator darat. Saya sudah minta eskavatornya harus amfibi. Bisa di air, bisa di darat. Semua itu harus pas. Kalau tidak pas akan lama prosesnya," jelasnya di Gedung Balaikota.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menambahkan, sungai yang menjadi konsentrasi pemulihan pasca banjir adalah Kali Ciliwung, Kali Angke, Kali Sunter, Kali Pesanggrahan dan Waduk Pluit.

Sebelumnya, Joko Widodo mengaku dana APBD yang belum disahkan menjadi kendala pemulihan kota pasca banjir. Namun kemarin, DPRD DKI mengesahkan anggaran tahun ini sebesar Rp49,9 triliun. Dana itu sebagian akan digunakan untuk menormalisasi kali dan waduk.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Jelang 2 Minggu, BagaimanaEvaluasi PSBB ?