NUSANTARA

KPU Sulsel Minta Warga Tunggu Pengumuman Resmi Hasil Pilgub

Guruh Dwi Rianto

KPU Sulsel Minta Warga Tunggu Pengumuman Resmi Hasil Pilgub
Pemilihan gubernur, Pilkada Sulsel, Hasil hitung cepat, Quick count

KBR68H, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Selatan meminta masyarakat tidak terpengaruh hasil hitung cepat pemilihan gubernur.


Sebelumnya, beredar hasil yang berbeda-beda dari penghitungan cepat yang dilakukan sejumlah lembaga.


Ketua KPU Sulawesi Selatan Jayadi Nas mengatakan, proses penghitungan resmi saat ini baru sampai di tingkat kelurahan. Ia berharap para pendukung sabar menunggu pengumuman resmi awal bulan depan.


"Yang dilakukan KPU itu penghitungan dari bawah, mulai dari tingkat TPS hingga kabupaten kota dan akhirnya pada tingkat provinsi. Jadi, belum ada hasil yang sampai di kita, KPU Sulawesi Selatan. Kita tidak mau terjebak pada persoalan hitung cepat. Hasil yang sah adalah yang dari KPU dan dilakukan melalui penghitungan manual," kata Jayadi Nas.


Dalam pemilihan gubernur Sulawesi Selatan muncul dua hasil hitung cepat yang berbeda. Perhitungan Indobarometer dan Lembaga Survei Independen (LSI) melansir pasangan petahana Syarul Yasin Limpo dan Agus Arifin Numang memenangkan pemilihan gubernur.


Namun, tim pendukung pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Azis Qhahar Muzakkar menyatakan mereka menang dengan suara 41 persen. Sekitar 50 orang pendukung pasangan petahana bahkan sudah merayakan kemenangan melalui konvoi kendaraan bermotor.

  • Pemilihan gubernur
  • Pilkada Sulsel
  • Hasil hitung cepat
  • Quick count

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!