NUSANTARA

KPU Papua Tak Akan Umumkan Penghitungan Sementara Pilgub

"Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua belum akan mengumumkam hasil perolehan sementara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang dilaksanakan 29 Januari kemarin."

Katharina Lita

KPU Papua Tak Akan Umumkan Penghitungan Sementara Pilgub
pilkada Papua

KBR68H, Jayapura - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua belum akan mengumumkam hasil perolehan sementara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang dilaksanakan 29 Januari kemarin. Anggota KPU Papua, Hasjim Sangadji mengatakan, pihaknya akan menunggu seluruh berita acara masuk ke KPU Provinsi hingga 10 Februari mendatang dan baru akan melaksanakan pleno perolehan suara pada 13 Februari.

“Kami jelas tidak akan meminta informasi hasil sementara dari KPU kabupaten. Pengalaman dari tahun pemilu ke pemilu, kami dimaki-maki lah, macam-macam ya, bahkan mereka datang ke rumah, ini kan kita jadi rusak nanti. Hari ini baru dari kampung ke distrik,” jelas Hasjim Sangadji.

Jaringan Suara Indonesia (JSI) mengklaim pasangan Lukas Enembe-Klemen Tinal memperoleh suara terbanyak dengan jumlah 36 persen. Disusul pasangan Habel Melkias Suwae-Yop Kogoya dengan 19 persen dan MR Kambu-Blasius Adolf Pakage, 15 persen suara. JSI melakukan quick count dengan sampel sebanyak 240 TPS yang tersebar di 29 Kabupaten Kota seluruh Papua. 


  • pilkada Papua

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!