Kalbar Akan Bangun 100 Perpustakaan Desa di Wilayah Terpencil

NUSANTARA

Rabu, 23 Jan 2013 22:30 WIB

Author

Jayanti Mandasari

Kalimantan Barat, Pontianak, Perpustakaan

KBR68H, Pontianak - Pemerintah Kalimantan Barat akan mulai membangun 100 perpustakaan desa pada tahun ini.


Kepala Unit Pelayanan Perpustakaan dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Barat, Untad Dharmawan mengatakan, nantinya perpustakaan itu akan dilengkapi seribu eksemplar buku.


Perpustakaan desa itu diprioritaskan di wilayah terpencil atau terisolasi.


Pembuatan perpustakaan desa itu menggunakan dana APBN dan APBD Kalimantan Barat 2013.


”Kita pilihkan memang prioritas buku-buku yang tepat guna. Selain juga buku-buku mengenai masalah perkebunan, pertanian, perikanan, peternakan dan sebagainya. Termasuk pula buku bagi anak-anak. Kita berikan buku itu dengan harapan bisa menjadi stimulan. Anggarannya sebagian dari APBN. Dari APBD kita bantu dorong bukunya saja dulu, karena kalau pakai rak buku, maka hanya sedikit desa yang bisa kita bantu. Jadi, kita dorong untuk bantuan bukunya saja dulu," kata Untad Dharmawan.


Pengadaan perpustakaan desa itu dimaksudkan untuk memberikan informasi dan pengetahun bagi masyarakat di wilayah pedalaman, pesisir dan terisolasi.


Selain itu, perpustakaan desa juga dimaksudkan untuk mempercepat peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalimantan Barat yang masih rendah.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Ramai-ramai Mudik Dini

Ramadan (Masih) dalam Pandemi Covid-19

Kabar Baru Jam 8

Disability Right Fund (DRF) Mitra Disability People Organisation (DPO)