Jakarta Targetkan Punya 20 Ribu Sumur Resapan

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menargetkan pembuatan 20 ribu sumur resapan di seluruh wilayah ibu kota pada tahun ini. Kata dia, dalam lima tahun ke depan diharapkan sudah ada sekitar 100 ribu sumur resapan.

NUSANTARA

Senin, 21 Jan 2013 18:58 WIB

Author

Ade Irmansyah

Jakarta Targetkan Punya 20 Ribu Sumur Resapan

banjir, jakarta

KBR68H, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menargetkan pembuatan 20 ribu sumur resapan di seluruh wilayah ibu kota pada tahun ini. Kata dia, dalam lima tahun ke depan diharapkan sudah ada sekitar 100 ribu sumur resapan.

Nantinya, sumur itu akan dibuat dengan kedalaman empat meter. Menurut Jokowi, jika dalam jumlah banyak, sumur resapan akan mengurangi banyak sekali aliran air di permukaan.

“Kemudian sumur-sumur resapan. Ini tahun ini target kami kemarin 10 ribu kemudian ini kami tambah lagi 20 ribu sumur resapan dengan diameter satu meter dan ke bawah empat meter ini juga akan kami kerjakan secara masif diseluruh titik-titik kota yang telah kita tentukan dan target kami nanti didalam lima tahun paling tidak 100 ribu sumur resapan itu juga akan bisa menampung kubikasi air yang ada di atas banyak sekali,” kata Jokowi.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menambahkan, pemerintah provinsi juga akan memaksa semua gedung-gedung bertingkat dan perkantoran di seluruh wilayah DKI Jakarta untuk memiliki sumur resapan tahun ini.

Dia juga berharap pembangunan waduk di Ciawi dan Cimanggis segera direalisasikan lantaran kewenangannya bukan berada di tangan Pemprov DKI Jakarta. Selain itu akan dibuat sodetan dari Kali Ciliwung, tepatnya di daerah Otista ke Kanal Banjir Timur. Sodetan kali Ciliwung diperkirakan menghabiskan dana sekitar setengah triliun, dengan target selesai tahun 2014.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Survei Sebut Mayoritas Masyarakat Ingin Pandemi Jadi Endemi