NUSANTARA

Gubernur Soekarwo Jamin Stok Pangan di Jatim Cukup

"KBR68H, Surabaya - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjamin persediaan pangan di Jawa Timur masih aman meski dilanda banjir dan cuaca buruk di beberapa daerah."

Gubernur Soekarwo Jamin Stok Pangan di Jatim Cukup
stok pangan, jawa timur

KBR68H, Surabaya - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjamin persediaan pangan di Jawa Timur masih aman meski dilanda banjir dan cuaca buruk di beberapa daerah. Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, kondisi persediaan beras di Jawa Timur mencapai surplus pada tahun lalu. Sehingga kata dia, kondisi cuaca buruk beberapa hari terakhir, tidak berpengaruh terhadap stok beras di wilayahnya.

“Kita kan surplus toh. Jadi itungannya pak Eko (Kadis Pertanian) kita menjadi tahun ini hampir 8 juta ton beras. 7,98 ya sudah 8.”kata Soekarwo.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menambahkan tahun lalu terjadi surplus produksi beras Jawa Timur sekitar 4 juta ton, dengan produksi mencapai 8 juta ton. Kerusakan benih yang terjadi di beberapa daerah akibat hujan dan banjir, lebih disebabkan tanam dini yang dilakukan petani karena kurang menyesuaikan cuaca.

Pemerintah akan menyiapkan kompensasi atas kerusakan bibit yang dialami petani, dengan mengganti bibit baru. Banjir di Surabaya melanda Bojonegoro, Situbondo, Ponorogo, Jember, dan beberapa wilayah lain. Hingga pertengahan bulan ini ribuan hektar sawah terendam banjir.

  • stok pangan
  • jawa timur

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!