NUSANTARA

Demi Pelayanan Gratis, RSUD Ternate Terbelit Utang Rp5 Miliar

Demi Pelayanan Gratis, RSUD Ternate Terbelit Utang Rp5 Miliar
RSUD, Ternate, Kesehatan gratis, Warga miskin

KBR68H, Ternate – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hasan Busoiri di Ternate, Maluku Utara terbelit utang Rp5 miliar terkait pelayanan kesehatan warga miskin.

 

Direktur RSUD Hasan Busoiri, Marhaeni Hasan mengatakan, alokasi anggaran kesehatan untuk warga miskin yang dirawat di kelas III pertahun hanya Rp6 miliar.

Dana itu sudah habis terpakai dalam kurun waktu tujuh bulan lalu. Sehingga sisa lima bulan di tahun lalu, RSUD harus berutang pada pihak ketiga.

"Pada tahun 2012 itu adalah Rp6 miliar, tetapi masih ada hutang juga. Untuk 2012 hutangnya sekitar Rp5 miliar lebih," kata Marhaeni Hasan.

Pemerintah Provinsi Maluku Utara pada tahun lalu menggelontorkan Rp6 miliar untuk pelayanan kesehatan gratis di rumah sakit kelas III. Namun anggaran itu tidak mencukupi dalam setahun.

Tahun ini pemprov Malut hanya gelontorkan anggaran Rp2 miliar untuk program yang sama.


  • RSUD
  • Ternate
  • Kesehatan gratis
  • Warga miskin

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!