covid-19

Cuaca Laut Buruk, Harga Ikan di Jombang Melonjak 50 Persen

Harga ikan laut di sejumlah pasar tradisional di Jombang, Jawa Timur naik hingga 50 persen. Kenaikannya pun bervariasi mulai Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu perkilogram. Akibatnya omset pedagang menurun drastis.

NUSANTARA

Kamis, 17 Jan 2013 18:48 WIB

Author

Muji Lestari

Ikan di Jombang

KBR68H, Jombang - Harga ikan laut di sejumlah pasar tradisional di Jombang, Jawa Timur naik hingga 50 persen. Kenaikannya pun bervariasi mulai Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu perkilogram. Akibatnya omset pedagang menurun drastis.

Salah satu pedagang, Boim mengatakan, kenaikan harga ikan terjadi akibat dampak cuaca buruk yang terjadi dalam dua pekan terakhir.

"Untuk stock ikan disini agak kurang lancar karena kondisi cuaca yang tidak memenuhi syarat, nelayan susah untuk melaut. Dampaknya harga juga pada naik juga karena cuaca kan ikan nggak ada, barang yang ada itu hanya ikan tambak atau ikan laut yang stock lama tapi yang masih fresh, masih di freezer, " jelas Sri Ayu.

Salah satu pedagang lain, Sri Ayu, menambahkan, sejumlah ikan laut yang mengalami kenaikan harga di antaranya, ikan dorang harganya naik dari Rp35 ribu menjadi Rp 55 ribu per kilogram. Sedangkan cumi-cumi dari Rp38 ribu perkilogram menjadi Rp50 ribu perkilogramnya. Ikan tengiri biasanya Rp40 ribu perkilogram saat ini berkisar Rp50 hingga Rp55 ribu perkilogram.


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7