NUSANTARA

Cuaca Buruk di Laut Timor, Nelayan Dihimbau Tak Melaut

Cuaca Buruk di Laut Timor, Nelayan Dihimbau Tak Melaut

KBR68H, Lombok- Adanya pusat tekanan rendah di wilayah laut Timor memicu cuaca buruk yang terjadi di wilayah NTT, NTB dan Bali. Tekanan rendah tersebut mengakibatkan gelombang laut yang cukup ganas. Kapal pelayaran diminta agar tetap waspada sementara nelayan dihimbau tidak melaut selama beberapa hari terakhir sampai kondisi cuaca membaik.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Selaparang AA Gde Trikumara  mengatakan, pusat tekanan rendah teridentifikasi Senin kemarin sekitar pukul 10.15 Wita.
 
Ia menjelaskan, pusat tekanan rendah tesebut bisa tumbuh menjadi tropical siklon atau badai siklon tropis  dalam jangka waktu 24 jam. Kondisi ini berdampak pada hujan serta angin kencang  yang terjadi di wilayah Bali Nusa Tenggara.
 
Trikumara mengatakan, Selasa pagi, tropical siklon tersebut berubah menjadi tropical low yang terjadi di selatan pulau Sumba. Kondisi ini diprediksi  akan berlangsung sampai dua hari kedepan. Tropical tersebut kemungkinan akan semakin lemah karena pergerakannya menuju arah barat- selatan.
 
“ Angin kencang yang terjadi kemarin malam itu sebagai akibat dari pusat tekanan rendah yang ada di laut Timor berupa hujan serta angin kencang. Kondisi ini dua hari kedepan masih akan terjadi” jelasnya.
 
Selain menghimbau kepada nelayan dan pelaku pelayaran, BMKG Selaparang juga  meminta agar warga yang tinggal di daerah rawan banjir tetap waspada karena hujan lebat berpotensi menimbulkan banjir. (Radio Global FM Lombok)

Sumber: http://globalfmlombok.com/content/nelayan-dihimbau-tak-melaut

  • cuaca buruk
  • laut timor

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!