NUSANTARA

Cuaca Buruk, Pendakian ke Rinjani Ditutup

"Jalur pendakian Gunung Rinjani di Lombok, NTB ditutup sampai 3 bulan atau sampai Maret mendatang. Pihak Pengelola Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Sukrati mengatakan, jalur tersebut ditutup sejak tanggal 10 Januari hingga 31 Maret mendatang. Langkah "

Cuaca Buruk, Pendakian ke Rinjani Ditutup
Cuaca Buruk, Rinjani

KBR68H, Lombok - Jalur pendakian Gunung Rinjani di Lombok, NTB ditutup sampai 3 bulan atau sampai Maret mendatang.  Pihak Pengelola Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Sukrati mengatakan, jalur tersebut ditutup sejak tanggal 10 Januari hingga 31 Maret mendatang. Langkah itu  untuk mencegah korban akibat medan pendakian yang berbahaya. Pasalnya, cuaca buruk masih terus terjadi di kawasan gunung tertinggi ketiga di Indonesia itu.

“Ditakutkan petir itu, itu yang ditakutkan sama porter dan pendaki, kan kabut juga diatas, dan ada mahasiswa yang turun, dia bilang banyak yang longsor juga sekarang, longsor dan angin kencang diatas. Cuma puncak pendakian jadinya agustus saja, puncak pendakian. Yang longsor didekat sekitar 400 meter dari pelawangan, dan sekarang sudah banyak lubang-lubang diatasnya. Lubang-lubang , jurang-jurang dan jalan-jalan sudah tidak karuan. Bahaya..ya..apalagi hujan setiap hari,” kata Sukrati

Catatan data di kantor Rinjani Trecking Centre (RTC) Desa Senaru, Lombok Utara, menyebutkan sekitar 5000 pendaki melalui jalur Senaru. Jalur ini merupakan salah satu pintu masuk pendakian ke Rinjani. Puncak pendakian biasanya terjadi pada bulan Agustus yang diperkirakan hampir mencapai 1000 orang pendaki.

  • Cuaca Buruk
  • Rinjani

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!