NUSANTARA

Ada 60 Titik Rawan Banjir di DKI

Ada 60 Titik Rawan Banjir di DKI

KBR68H, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta menyebutkan ada sekitar 60 titik rawan banjir di wilayah ibu kota.

Kepala BPBD Jakarta, Arvan Aklie mengatakan, titik tersebut tersebar di 32 kecamatan dan 87 kelurahan.

Untuk kesiapsiagaan menghadapi banjir, BPBD menyatakan sudah berkoordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Contohnya di titik Kampung Melayu, itu ada di Cililitan, Cawang, Kampung Melayu, Bidara Cina, Bukit Duri, Kampung Baru, Pengadegan, Kalibata, dan Rawa Jati. Itu semua di satu titik," kata Arvan Aklie menjelaskan salah satu titik banjir.

Titik rawan banjir terutama di jalur bantaran Sungai Ciliwung. Debit air sungai Ciliwung diukur dan dipantau melalui bendung Pintu Air Katulampa, Bogor, Jawa Barat.

Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dari kemarin malam hingga pagi tadi menyebabkan naiknya debit air di Pintu Air Manggarai. Ketinggian air mencapai 790 cm dan berada di status siaga tiga.

BPBD Jakarta mengklaim siap hadapi ancaman banjir terkait peningkatan debit air di Pintu Air Manggarai tersebut.


  • Banjir
  • Ciliwung
  • BPBD
  • Bencana

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!