31 Persen Warga Pemilik Suara Pilkada Sulsel Golput

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) mengklaim angka golput dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan mencapai 31 persen.

NUSANTARA

Rabu, 23 Jan 2013 09:21 WIB

Author

Ade Irmansyah

31 Persen Warga Pemilik Suara Pilkada Sulsel Golput

pilkada, sulsel

KBR68H, Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) mengklaim angka golput dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan mencapai 31 persen.

Penyebabnya menurut Direktur Riset Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Arman Salam, tidak terdata dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Kata dia, angka golput tahun ini lebih tinggi dari Pilkada tahun 2007 yang hanya 20 persen.

“Ya saya kira untuk kans pilkada itu hal yang normal saja, tidak begitu ekstreme walaupun memang ini juga harus juga menjadi sorotan bagi penyelenggara, bagaimana nantinya golput itu bisa lebih kecil. Karena mau tidak mau golput itu akan juga mencerminkan kualitas dari demokrasi yang sedang berlangsung,” papar Arman.

Sebelumnya banyak kalangan yang memperkirakan warga yang tidak menggunakan hak pilihnya atau golput dalam Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan 22 Januari 2013 akan lebih besar dari pilgub sebelumnya. Hal ini dikarenakan sistem yang dikeluarkan KPU Sulsel tidak menyediakan bilik suara di tempat-tempat seperti rumah tahanan dan rumah sakit. Dalam hitung cepat, pasangan incumbent Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Numang unggul sementara dengan perolehan suara mencapai 52 persen.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Survei Sebut Mayoritas Masyarakat Ingin Pandemi Jadi Endemi