Bagikan:

Warga Miskin Belum Dapat Set Top Box, Kominfo Diminta Data Ulang

Tapi saya memang mendapatkan beberapa laporan, beberapa yang mestinya mendapatkan, belum mendapatkan.

NASIONAL

Jumat, 02 Des 2022 15:11 WIB

Author

Ken Fitriani

Warga Miskin Belum Dapat Set Top Box, Kominfo Diminta Data Ulang

Ilustrasi Set Top Box. (Foto: ANTARA/HO.)

KBR, Yogyakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diminta mendata ulang pembagian set top box (STB) untuk TV digital. Sebab masih ada warga miskin yang belum mendapatkan alat untuk mengonversi sinyal digital itu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, masih ada warga miskin di daerahnya belum mendapatkan set top box. Sejauh ini, Dinas Komunikasi dan Informatika DIY telah membagikan 86.419 unit STB.

“Tapi saya memang mendapatkan beberapa laporan, beberapa yang mestinya mendapatkan, belum mendapatkan. Saya kira kepada Kominfo saya minta untuk didata mana yang membutuhkan, tapi belum mendapatkan untuk kita usulkan lagi,” kata Aji di halaman BPBD DIY, Jumat (2/12/2022).

Aji menjelaskan, pendataan ulang perlu melibatkan lurah dan dukuh setempat. Jika data sudah terkumpul, kemudian laporkan kembali ke Diskominfo untuk diajukan ke Kominfo.

“Data berasal dari masyarakat miskin yang TV-nya belum memenuhi syarat. Tapi jumlah STB yang disediakan juga terbatas. Kalau data juga ada, tapi di Diskominfo DIY,” ungkapnya.

Baca juga:

Sementara itu, Kepala Diskominfo DIY Heri Edi Tri Wahyu Nugroho mengatakan, pembagian STB dilakukan melalui berbagai cara. Di antaranya melalui kantor pos, hingga bhabinkamtibmas di setiap desa.

“Kalau di Kulon Progo itu lewat bhabinkamtibmas, di Bantul lewat kantor pos, semua itu kewenangan vendor,” katanya dalam keterangan tertulis.

Meskipun dibagikan melalui vendor, Diskominfo mengklaim tetap berkoordinasi agar penyaluran STB tepat sasaran. Koordinasi dilakukan dengan kantor pos dan polsek untuk membantu penyaluran.

Untuk masyarakat mampu, dia mengimbau agar segera membeli STB.

“Karena mereka tidak dapat bantuan STB, jadi segera beli agar bisa menikmati siaran tv digital karena sudah dijual bebas juga,” katanya.

Editor: Wahyu S.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Episode 5: Gen Z: Si Agen Perubahan Penentu Masa Depan

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending