NASIONAL

Wapres: Percepat Industri Halal

"Wapres Ma’ruf, diperlukan banyak lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan untuk mewujudkan industri halal di tanah air."

industri halal

KBR, Jakarta-  Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendorong percepatan ekosistem industri halal di tanah air. Sebab, di tahun 2024, Indonesia ditargetkan menjadi Produsen Halal Terkemuka Dunia.

Itu disampaikan Wapres usai memimpin Rapat Pleno ketiga, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) di Istana Wapres, Selasa (20/12).

Dalam rapat itu, turut hadir Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, hingga Menteri Perindustrian Agus Gumiwang.

"Diharapkan bahwa upaya-upaya percepatan terkait di dalam menyangkut masalah industri halal maupun juga industri keuangan dan juga hal-hal yang lain. Ekosistem industri halal ini bisa kita bangun lebih baik lagi," kata Ma'ruf di kantornya, Selasa (20/12/2022).

Baca juga:

Wapres Ma’ruf mengatakan, diperlukan banyak lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan untuk mewujudkan industri halal di tanah air. Untuk itu, kata dia, diperlukan langkah-langkah konkret untuk dapat mewujudkan cita-cita besar tersebut.

Ma’ruf memberikan arahan mencakup beberapa hal. Seperti, pengembangan industri halal dan optimalisasi KIH, penyusunan data ekonomi syariah, penguatan proses bisnis sertifikasi halal, percepatan sertifikasi halal UMK, akselerasi pengembangan bisnis syariah, dan pembentukan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS).

Editor: Rony Sitanggang

  • Halal 20
  • wakil presiden maruf amin
  • produk halal
  • industri halal
  • KNEKS

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!