Bagikan:

Survei Indikator: Elektabilitas Anies Melejit, Ganjar-Prabowo Turun

Elektabilitas Ganjar Pranowo 33,9 persen, Anies Baswedan 32,2 persen, dan Prabowo Subianto 23,9 persen. Sementara 10 persen sisanya menjawab tidak tahu.

NASIONAL

Kamis, 01 Des 2022 14:43 WIB

Pemilu 2024

Foto kandidat bakal calon presiden Pemilu 2024 di acara rilis survei Voxpol di Jakarta, Jumat (18/11/2022). (Foto: ANTARA/Aprillio Akbar)

KBR, Jakarta - Hasil survei dari Indikator Politik Indonesia (IPI) menunjukkan elektabilitas Anies Baswedan melejit, sementara Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto cenderung menurun.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi mengatakan, dari simulasi tiga calon presiden (capres) teratas, nama Ganjar Pranowo masih menjadi yang teratas.

Namun, yang menjadi kejutan adalah elektabilitas Anies Baswedan yang melesat unggul dari Prabowo Subianto.

Elektabilitas Ganjar 33,9 persen, Anies 32,2 persen, dan Prabowo 23,9 persen. Sementara 10 persen sisanya menjawab tidak tahu.

Burhanuddin mengatakan elektabilitas Anies mulai terdongkrak setelah dideklarasikan sebagai calon presiden untuk Pemilu 2024 oleh Partai Nasdem.

"Terutama Anies karena basis (pemilih) Pak Prabowo dengan Anies Baswedan itu mirip, maka sebagian pendukung Pak Prabowo mulai pindah terutama ke Pak Anies Baswedan. Terutama lagi setelah deklarasi. Ini kan awalnya tidak sampai crossing suara Pak Anies menyalip Pak Prabowo, tetapi crossingnya sekarang pasca-deklarasi," ujar Burhanudin dalam Rilis Survei Pacuan Kuda Elektabilitas Bakal Capres dan Peta Kekuatan Elektoral Partai Pasca-Deklarasi secara daring, Kamis (1/12/2022).

Baca juga:

Elektabilitas Prabowo

Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, elektabilitas Prabowo terus menurun disebabkan tupoksinya sebagai Menteri Pertahanan yang tidak bersinggungan langsung dengan publik.

Sementara Ganjar dan Anies lebih diuntungkan, mengingat keduanya merupakan kepala daerah yang kerap hadir di tengah masyarakat.

"Anies ataupun Ganjar ruangnya itu lebih leluasa untuk tampil bersama publik tapi di saat yang sama Prabowo mungkin sudah dipersepsi oleh publik sebagai figur lama," tuturnya.

Survei Indikator Politik dilakukan terhadap 1.220 orang secara acak, dengan responden WNI berusia 17 tahun keatas pada November 2022.

Dari 1.220 responden memiliki tingkat toleransi kesalahan atau margin of error +-2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga:


Editor: Agus Luqman

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Laku Ramah Lingkungan dari Bilik Kecil Kantin Sekolah di Bali

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending