NASIONAL

Perdagangan Capai 4,2 Kuadriliun, Jokowi Hadiri EU-ASEAN Summit

"Uni Eropa adalah sumber FDI terbesar kedua di ASEAN setelah RRT. "

EU-ASEAN Summit

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo menyebut total perdagangan ASEAN-Uni Eropa pada 2021 mencapai USD268,9 miliar atau setara RP4,211 kuadriliun.

Itu disampaikan Jokowi sebelum keberangkatan menuju Belgia untuk mengikuti  Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT Uni Eropa-ASEAN atau EU-ASEAN Summit dalam rangka memperingati 45 tahun hubungan kedua organisasi.

Menurut Jokowi, Uni Eropa adalah mitra dagang ASEAN ketiga terbesar setelah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Amerika Serikat.

"Inilah kenapa terus kita perkuat, terus kita tingkatkan hubungan yang baik antara ASEAN dan Uni Eropa. Juga tentu saja negara kita Indonesia ingin agar perdagangan kita meningkat antara Indonesia dan EU dan juga investasi dari Uni Eropa ke Indonesia juga terus meningkat," papar Jokowi  di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Selasa (13/12/2022).

Baca juga:

Jokowi menambahkan investasi asing langsung  (FDI) Uni Eropa ke ASEAN mencapai USD26 miliar pada  2021. Uni Eropa adalah sumber FDI terbesar kedua di ASEAN setelah RRT.

"Foreign direct investment (FDI) dari Uni Eropa ke ASEAN yang berjumlah sebesar 26 miliar US Dollar di tahun 2021 juga merupakan foreign direct investment yang terbesar kedua setelah RRT," katanya

Editor: Rony Sitanggang

  • Presiden Jokowi
  • EU-ASEAN Summit

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!