NASIONAL

Pemerintah Berupaya Meningkatkan Slot Penerbangan

"Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengklaim dunia penerbangan di tanah air sudah mengalami pemulihan setelah terdampak pandemi COVID-19."

Pemerintah Berupaya Meningkatkan Slot Penerbangan

KBR, Jakarta- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengklaim dunia penerbangan di tanah air sudah mengalami pemulihan setelah terdampak pandemi COVID-19.

Kata dia, kini layanan penerbangan domestik mencapai 71 persen dibandingkan sebelum pandemi. Bahkan, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, pemulihannya sudah mencapai 90 persen.

Menurut Menteri Budi, Presiden Joko Widodo memerintahkan jajaran Kemenhub meningkatkan slot penerbangan dengan penuh kehati-hatian.

"Kita juga mengamati apa yang terjadi pada penerbangan dari dan ke luar negeri. Recovery tahun 2022 terhadap tahun 2019 sudah mencapai 33%. Ini juga sebenarnya sudah baik mengingat bahwa secara internasional perkembangan jumlah penerbangan ini relatif tidak belum banyak. Oleh karenanya kami ditugaskan untuk memberikan improvement bagi slot (penerbangan) dalam negeri dan luar negeri," ujar Menhub Budi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, (26/12/22).

Baca juga:

Beberapa hal yang akan dan sudah dilakukan, yaitu mendistribusikan atau rebalancing kapasitas tiga terminal yang ada.

Untuk menyeimbangkan kapasitas terminal, penerbangan umrah yang sebelumnya difokuskan di Terminal 3 sebagai terminal internasional, kini dapat juga dilakukan di Terminal 2F. Kemenhub, juga akan menyediakan ruang tunggu yang nyaman bagi para pengantar umrah.

"Kita membuat satu lounge yang convenient sekali, sama convenient dengan hotel. Ini membuat pengantar-pengantar itu bisa menunggu lebih dari 3-4 jam dengan fasilitas yang bagus," imbuhnya.

Berikutnya, Kementerian Perhubungan juga akan mengoptimalkan landas pacu (runway) ketiga Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk meningkatkan kapasitas jumlah pesawat dan mengurangi antrean pesawat.

Selain itu, Menhub Budi juga meminta Angkasa Pura II meningkatkan ground handling pesawat yang terkadang menjadi penyebab keterlambatan pesawat.

"Kami sendiri bersama-sama AP II, bersama Airnav akan melakukan suatu distribusi slot. Kita juga tahu bahwa ada golden time pada pagi dan sore hari, dan kita akan mengimbau pada airlines untuk menyebar penerbangan itu pada waktu-waktu yang lain," jelasnya.

Editor: Sindu

  • Penerbangan
  • Slot Penerbangan
  • Kemenhub

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!