NASIONAL

Gibran Dukung Jokowi Setop PPKM

"Gibran mendukung penghapusan PPKM"

Gibran Dukung Jokowi Setop PPKM
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: KBR-Yudha Satriawan)

KBR,Solo - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendukung rencana Presiden Joko Widodo yang akan menghentikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), akhir tahun ini. Meski begitu, dia tetap menunggu keputusan resmi dari pemerintah.

"Sejak varian terakhir sudah tidak berbahaya, sudah tidak mematikan. Dan ini kan trennya juga menurun. Mungkin setelah varian Omicron kan terus melemah. Ya saya inginnya penghapusan PPKM dipercepat saja. Tapi kami menunggu instruksi selanjutnya. Negara-negara lain kan sudah bebas masker juga", ungkap Gibran di Balaikota Solo, Kamis (22/12/2022).

Gibran menyebut, kegiatan masyarakat di akhir tahun ini mulai padat, usai dua tahun sebelumnya dibatasi akibat pandemi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberi sinyal bakal menghentikan PPKM akhir tahun ini. Keputusan itu diambil seiring makin landainya penyebaran kasus COVID-19.

"Kemarin kasus harian kita berada di angka 1.200. Dan mungkin nanti akhir tahun kita akan menyatakan berhenti PSBB, PPKM kita," ungkap Jokowi saat acara Outlook Perekonomian Indonesia Tahun 2023, di Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Baca juga:

Namun, rencana Jokowi itu justru menuai kritik dari Ahli Epidemiologi Universitas Griffith Australia Dicky Budiman. Dia meminta pemerintah menunda rencana penghapusan PPKM.

Menurutnya, pemerintah masih harus melakukan kajian mendalam sebelum menghapus PPKM, setidaknya sampai setelah momen libur akhir tahun.

"Juga jangan lupakan, ketika ini dicabut, pastikan bahwa vaksinasi primer, khususnya pada anak juga sudah meningkat, ini yang masih jadi PR. Kemudian juga vaksinasi booster jangan di bawah 50 persen, harusnya setidaknya 50 persen vaksinasi boosternya. Dan itu bukan hanya di lansia tetapi juga termasuk pekerja kesehatan atau komorbid yang masuk dalam kategori berisiko," kata Dicky kepada KBR, Rabu (21/12/2022).

Editor: Wahyu S.

  • penghapusan PPKM
  • PPKM
  • Presiden Jokowi
  • gibran

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!