Bagikan:

Gajah Lilik Mati, Diduga Diserang Kawanan Gajah Liar

Dia mengalami luka lebam dan tertusuk gading di bagian sekitar leher, telinga, dan punggung.

NASIONAL

Rabu, 28 Des 2022 14:18 WIB

Gajah Lilik Mati, Diduga Diserang Kawanan Gajah Liar

Gajah lilik ditemukan mati di area Conservation Respon Unit (CRU) Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur, Aceh. Foto: Istimewa

KBR, Aceh Timur - Gajah jantan bernama Lilik mati diduga karena diserang kawanan gajah liar. Satwa dilindungi itu ditemukan tak bernyawa pada Minggu (25/12/2022) dini hari di Kompleks Conservation Respon Unit (CRU) Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Agus Arianto mengatakan, kondisi gajah berusia 35 tahun itu memprihatinkan. Dia mengalami luka lebam dan tertusuk gading di bagian sekitar leher, telinga, dan punggung.

"Jadi memang, pada saat temen-temen mahout (pawang gajah, red) itu melakukan penghalauan juga, gerombolan gajah ini malah berupaya menyerang. Jadi, memang situasinya sulit untuk menolong si Lilik, karena serangannya tiba-tiba," kata Agus Arianto menjawab KBR, Rabu (28/12/2022).

Agus menambahkan, insiden penyerangan gajah Lilik terjadi saat aliran listrik padam. Sehingga, petugas kesulitan menanggulangi kejadian tersebut.

"Dokter dan ahli hewan sudah melakukan nekropsi atau bedah bangkai. Dan, musibah ini di luar jangkauan kita,” tuturnya.

Baca juga:

BKSDA memperkirakan kawanan gajah liar itu berjumlah sekitar 20-30 ekor. Selain gajah Lilik, satu gajah betina lain juga terluka akibat amukan gerombolan gajah liar.

Editor: Wahyu S.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Episode 5: Gen Z: Si Agen Perubahan Penentu Masa Depan

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending