NASIONAL

FOMO Sapiens : Larangan Jual Rokok Batangan dan Konten Self-Harm FYP di TikTok

""Presiden Joko Widodo mengungkapkan, tujuan adanya peraturan larangan penjualan rokok tak lain untuk menjaga kesehatan masyarakat Indonesia.""

FOMO Sapiens : Larangan Jual Rokok Batangan dan Konten Self-Harm FYP di TikTok
Ilustrasi highlight berita sepekan. (FOTO : KBR)

KBR, Jakarta – Larangan penjualan rokok batangan rencananya bakal dimulai tahun 2023. Kebijakan ini diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 Tahun 2022 tentang Program Penyusunan Peraturan Pemerintah Tahun 2023.

Para peneliti dari organisasi nirlaba Center for Countering Digital Hate (CCDH) di Inggris menemukan TikTok kerap merekomendasikan konten-konten self-harm bagi pengguna baru. Algoritma TikTok hanya butuh waktu kurang lebih 2,6 menit untuk memunculkan konten-konten tersebut. Apa dampaknya dan bagaimana menyikapinya? Obrolannya bareng Psikolog Universitas Pancasila (UP), Aully Grashinta.

1. Larangan Jual Rokok Batangan

Presiden Joko Widodo mengungkapkan, tujuan adanya peraturan larangan penjualan rokok tak lain untuk menjaga kesehatan masyarakat Indonesia. Hal itu didasari temuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang menyebut prevalensi perokok remaja usia 10-18 tahun terus meningkat. Ada peningkatan sebesar 9 persen dan diperkirakan akan kembali meningkat sebesar 15 persen pada tahun 2024. Selain itu, lebih dari 70 persen penjual rokok batangan atau ketengan berada di sekitar kawasan sekolah. Namun, larangan ini menuai polemik di masyarakat. Bagaimana selengkapnya?

Baca juga : Larangan Rokok Batangan, Wapres: Banyak Anak yang Beli

2. Konten Self-Harm FYP di TikTok

Indonesia merupakan negara dengan pengguna aplikasi TikTok terbesar kedua pada 2020. Pengguna Tiktok di tanah air rata-rata menghabiskan waktu sebanyak 23,1 jam per bulan. Melansir Statista, ada 22,2 juta pengguna aktif bulanan aplikasi video pendek tersebut di tanah air pada tahun yang sama. Algoritma TikTok diduga sangat cepat merekomendasikan video-video yang dapat membahayakan keselamatan remaja, semisal konten yang membahas topik self-harm dan bunuh diri.

Baca juga : FOMO Sapiens : Love Bombing dan Fatwa Haram Pargoy

Dengarkan bahasan selengkapnya di FOMO Sapiens pekan ini bersama Ian Hugen dan Aika. Ada juga obrolan menarik terkait Kaleidoskop 2022 a la FOMO Sapiens.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke [email protected]

  • #podcast
  • #fomosapiens
  • #laranganrokok
  • #rokok
  • #medsos
  • #TikTok
  • #FYP
  • #selfharm
  • #kaleidoskop
  • #2022

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!