NASIONAL

Cek Fakta: Video dan Narasi soal Pergeseran Tanah Saat Gempa di Cianjur?

"Top three hoax of the week yang beredar dari tanggal 24 - 30 November 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid. "

Tim Cek Fakta

Cek Fakta: Video dan Narasi soal Pergeseran Tanah Saat Gempa di Cianjur?

Beredar unggahan melalui akun facebook video terkait pergeseran tanah. Dalam unggahan tersebut disertai narasi pergesaran tanah yang terjadi di Cianjur. Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 24 - 30 November hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid:

Video dan Narasi soal Pergeseran Tanah Saat Gempa di Cianjur

Beredar unggahan melalui akun facebook video terkait pergeseran tanah. Dalam unggahan tersebut disertai narasi pergesaran tanah yang terjadi di Cianjur.

Video dengan Narasi Makhluk Aneh di Hutan Belantara Kalimantan

Beredar kembali video penampakan makhluk aneh di Youtube Short. Kanal Youtube tersebut mengklaim bahwa seorang pencari Buah Durian di Hutan Kalimantan, menemukan makhluk aneh yang tengah berlari menghindar. Video yang dimaksud dapat ditengok di akun Instagram @turnbackhoaxid.

Narasi yang Menyebut George Flyod Meninggal Karena Over Dosis

Sebuah akun facebook menyebarkan informasi dan foto terkait penyebab kematian George Floyd yang terjadi pada 2020 lalu. Dalam unggahan tersebut, disertai klaim bahwa kematian George Floyd karena overdosis fentanyl, dan bukan karena pembunuhan. Pengguna Facebook tersebut juga menambahkan foto yang diklaim sebagai hasil otopsi George Floyd.

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini:

Kami menantikan masukan kamu lewat: [email protected], sampai jumpa di episode berikutnya!

Baca Juga : 

Cek Fakta: Video dan Narasi soal Malaysia Marah Ditolak Jokowi Menjadi Anggota G20?

Cek Fakta: Narasi soal Perang Indonesia VS Australia di Perbatasan Tak Terelakkan?

  • cek fakta
  • cekfakta
  • hoax
  • hoaks

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!