Bagikan:

Bantuan Psikologis bagi Korban Gempa Cianjur

Segala dukungan dan bantuan sangat berarti bagi pemulihan korban gempa Cianjur dibahas asik di podcast What's Trending.

NASIONAL

Jumat, 02 Des 2022 14:25 WIB

Author

Lea Citra

Podcast What's Trending

Podcast What's Trending

KBR, Jakarta- Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini mengatakan, pemulihan trauma warga terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dilakukan sembari memberikan kegiatan membangun usaha. Antara lain pembuatan bata interlock, produk jajanan hingga kerajinan tangan. Tri Rismaharini juga mengupayakan pemulihan trauma dengan layanan dukungan psikososial bagi penyintas.

“Nanti kita ajarkan membuat bata supaya ada kesibukan, karena pasti ini lama, rumah mereka banyak yang roboh. Jadi untuk mengisi kesibukan nanti kita ajarkan. Selain untuk trauma healing juga bisa bantu untuk usaha,” terang Mensos melalui keterangan tertulisnya, Kamis (24/11/22).

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga memastikan pemenuhan kebutuhan khusus bagi perempuan dan anak, juga kelompok rentan korban gempa bumi Cianjur tetap berjalan. Bintang menegaskan para korban bencana gempa berhak atas perlindungan dan pemulihan. 

“Melalui kunjungan ketiga ini, kami dan beberapa support system yang secara aktif terlibat turut serta terjun ke lapangan memiliki misi yang sama yaitu memberikan layanan dukungan psikososial (LDP) kepada perempuan, anak, dan kelompok rentan korban bencana alam gempa bumi Cianjur melalui berbagai macam aktivitas seperti permainan, menyanyi, berdongeng untuk anak-anak korban juga dialog dengan para perempuan dan kelompok rentan,” ujar Menteri PPPA dalam kunjungannya, Selasa (29/11/2022).

Kata Bintang, KemenPPPA bersama kementerian/lembaga pusat dan daerah serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) terkait bekerjasama mendirikan Pos Ramah Perempuan dan Anak di beberapa lokasi pengungsian di Cianjur.

Baca juga:

Korban Hilang Gempa Cianjur Belum Ditemukan, Bupati Minta Perpanjangan Masa Pencarian

Fenomena Cancel Culture di Media Sosial

Cek Fakta: Video dan Narasi soal Malaysia Marah Ditolak Jokowi Menjadi Anggota G20?

Pemulihan trauma apa yang diperlukan para korban?

Gempa Cianjur berpotensi menimbulkan luka psikologis bagi warga. Psikolog dari Universitas Pancasila, Aully Granshinta mengatakan, tak hanya kehilangan harta benda, masyarakat mengalami trauma lantaran kehilangan orang yang dicintai, baik keluarga maupun kerabat.  Kondisi ini bisa diperburuk dengan maraknya konten negatif terkait gempa Cianjur.  Saat ini, kata Aully, korban membutuhkan dukungan dari masyarakat dan warganet untuk bisa pulih secara psikis dan bangkit kembali.


Lebih lengkap soal pemulihan korban gempa Cianjur. Yuk cek podcast What's Trending di link berikut ini:

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Laku Ramah Lingkungan dari Bilik Kecil Kantin Sekolah di Bali

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending