NASIONAL

Anggota DPR Minta Garuda Bolehkan Pramugari Berjilbab

"Maskapai swasta yang lain bisa, mengapa Garuda tidak?"

Shafira Aurel

Anggota DPR Minta Garuda Bolehkan Pramugari Berjilbab
Ilustrasi: Pekerja membongkar muat kargo dari pesawat Garuda Indonesia di Banda Sultan Iskandar Muda, Aceh. Sabtu (22/5/21). (Foto: Antara/Ampelsa)

KBR, Jakarta - Anggota Komisi BUMN DPR Andre Rosiade meminta direksi Garuda Indonesia membolehkan pramugarinya mengenakan jilbab. Andre meminta direksi Garuda melakukan evaluasi aturan terkait tata cara berpakaian hijab untuk pramugari.

Dia mengklaim tengah memperjuangkan aspirasi kaum muslim yang berprofesi sebagai pramugari untuk dapat berpakaian sesuai anjuran syariat Islam.

"Meminta Pak Dirut dan jajaran melakukan evaluasi aturan bagaimana tata cara berpakaian busana muslim bagi awak kabin atau pramugari Garuda yang ingin melaksanakan kewajibannya sebagai umat Islam dengan menutup aurat dengan memakai jilbab," kata Andre saat rapat kerja, Senin (5/12/2022).

Politikus Gerindra itu menyebut banyak maskapai swasta yang telah memberikan kebebasan untuk pramugarinya mengenakan hijab.

Baca juga:

Dia menilai, aturan Garuda Indonesia yang tidak menerapkan hijab bagi wanita muslim merupakan bentuk diskriminasi.

"Citilink bisa, mengapa Garuda tidak? Maskapai swasta yang lain bisa, mengapa Garuda tidak? Tinggalkan kebijakan Pak Dirut dan jajarannya," imbuhnya.

Andre berharap aturan jilbab bagi pramugari harus dijadikan pertimbangan. 

Editor: Wahyu S.

  • pramugari
  • garuda indonesia
  • maskapai
  • pesawat
  • Andre Rosiade

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!