Bagikan:

Tenang, Omicron Tak Seganas Delta

"Yang penting kalau kita sudah vaksinasi 2 kali, dan kemudian kita tetap menggunakan masker kalau keluar rumah, kita tetap menjaga jarak,"

BERITA | NASIONAL

Rabu, 29 Des 2021 15:42 WIB

Tenang, Omicron Tak Seganas Delta

ilustrasi

KBR, Jakarta - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengingatkan agar masyarakat tetap waspada, tidak perlu takut dan panik menghadapi mutasi virus korona varian Omicron.

Menurut Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Alexander Ginting, masyarakat hanya perlu tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dan vaksinasi.

"Yang penting kalau kita sudah vaksinasi 2 kali, dan kemudian kita tetap menggunakan masker kalau keluar rumah, kita tetap menjaga jarak. Kemudian tetap mencuci tangan, kita tidak perlu khawatirkan, karena omicron ini sekalipun terinfeksi, terinfeksinya tidak seberat sewaktu (varian) delta, karena memang karakternya berbeda," kata Alex dalam keterangan persnya, Rabu (29/12/2021).

Alex, begitu ia akrab disapa mengungkapkan, situasi hari ini jauh berbeda dengan Juli lalu saat varian Delta menjadi penyebab gelombang kedua Covid-19 di Indonesia.

Saat ini, lanjutnya, hampir 70 persen penduduk Indonesia sudah divaksinasi dosis pertama, sehingga imunitas masyarakat sudah lebih baik.

"Jadi masyarakat yang belum divaksin agar segera melakukan vaksinasi Covid-19," kata dia.

Baca: 

Pemerintah, Satgas dan seluruh masyarakat, tambahnya, harus saling mendukung agar situasi pandemi Covid-19 ini bisa segera masuk ke dalam fase endemi.

"Sehingga masyarakat bisa hidup bersama Covid-19 tanpa takut tertular ataupun terinfeksi," pungkas Alexander Ginting.

Saat ini covid-19 varian Omicron di Indonesia telah mencapai 47 kasus. Dari 47 kasus tersebut, 46 dari pelaku perjalanan luar negeri dan satu kasus transmisi lokal.

Pemerintah juga terus memperketat aturan perjalanan internasional dan terus melakukan upaya testing, tracing dan treatment (3T) untuk mencegah penyebaran Omicron menjadi lebih luas.


Editor: Kurniati Syahdan

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7