BERITA

Tahun ini, 39 Juta Peserta BPJS Kesehatan Nonaktif

""Kalau kita lihat sekarang di data yang ada, yang nonaktif semakin tinggi." "

Pelayanan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah dr.Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh,  Rabu (15
Pelayanan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah dr.Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, Rabu (15/12/2021). (Antara/Syifa Yulinnas)

KBR, Jakarta- Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) mencatat terdapat sedikitnya 39 jutaan peserta BPJS Kesehatan yang nonaktif selama 2021. Anggota DJSN Muttaqien mengatakan, hal itu merupakan tantangan dari BPJS Kesehatan di 2022 untuk bisa memperbaiki angka tersebut.


"Bagaimana mengurangi peserta yang nonaktif, kalau kita lihat sekarang di data yang ada, yang nonaktif semakin tinggi. Ini yang saya pikir perlu kerja sama, apakah bisa kita sama-sama untuk mendorong peserta yang nonaktif menjadi aktif," ujar Muttaqien dalam Kaleidoskop 2021 dan Outlook 2022 BPJS Kesehatan secara daring, Kamis (30/12/2021).

Muttaqien mengatakan, tantangan perbaikan angka peserta nonaktif BPJS Kesehatan perlu menjadi perhatian di 2022. Pasalnya, kata dia, target rancangan pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) salah satunya yakni mengurangi jumlah peserta yang nonaktif untuk menjadi aktif kembali.

"Kalau kita lihat sekarang di serta target RPJMN di 2024 adalah 98 persen peserta, tentu ini perlu upaya yang sangat masif dari BPJS Kesehatan untuk mencapai target tersebut," tuturnya.

Baca juga:

BPJS Kesehatan Selesaikan 99 Persen Klaim Covid-19 di 2020

2022, BPJS Ketenagakerjaan Jaring Peserta dari Sektor Informal

Sebelumnya, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukhti turut menargetkan penambahan 10 juta peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di 2022. Saat ini, kata dia, total kepesertaan BPJS Kesehatan hingga akhir 2021 mencapai 235 juta peserta.


Ali Ghufron mengatakan, target kepesertaan 88 persen di 2022 akan menjadi tantangan bagi BPJS Kesehatan. Kata dia, target itu harus dicapai di tengah pandemi dan pada 2024 mendatang targetnya akan melonjak hingga 98 persen.

Editor: Rony Sitanggang

  • BPJS Kesehatan
  • PBI JKN
  • Peserta BPJS Kesehatan Nonaktif
  • DJSN

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!