Survei Indikator: Kepuasan Kinerja Jokowi Meningkat

"Sekarang adalah kenaikan tertinggi selama pandemi dua tahun terakhir,"

BERITA | NASIONAL

Senin, 06 Des 2021 08:55 WIB

Survei Indikator:   Kepuasan Kinerja Jokowi Meningkat

Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas PPKM di Istana Negara, Jakarta, Senin (29/11/2021). (Antara/Hafidz Mubarak)

KBR,Jakarta-  Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia menyebut kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin meningkat. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengungkapkan penilaian ini dilihat dari survei kepuasan publik, terhadap pemimpin negara saat ini, yang melibatkan 2 ribuan responden.

"Ini kinerja Presiden total ada 72 persen yang sangat puas atau cukup puas terhadap kinerja Presiden Jokowi. Di bulan Juli 2021, approval rating Presiden saat itu 59 persen. Terendah dalam enam tahun terakhir. Nah ini approval rating sekarang adalah kenaikan tertinggi selama pandemi dua tahun terakhir," ucap Burhanuddin dalam Rilis Indikator: Kinerja Presiden, Pemulihan Ekonomi Pasca-Pandemi dan Peta Elektoral Terkini, Minggu (05/12/21).

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan sejak Pemilihan Umum (Pemilu) tahun lalu, survei kepuasan Presiden dan Wakil Presiden setiap bulannya, cenderung mengalami penurunan. Baru dalam dua bulan terakhir ini, terjadi peningkatan yang konsisten dan cukup tinggi.

Baca: Survei LSI : Intoleransi di Era Jokowi Masih Tinggi

Selanjutnya menurut Burhanuddin, ada dua faktor yang menyebabkan tren kepuasan kinerja Presiden dan Wakilnya mengalami peningkatan. 

"Dua hal ini yang menyebabkan kepuasan terhadap Presiden meningkat, yaitu perbaikan persepsi di bidang ekonomi dan penanganan Covid-19," ucapnya. 

Survei Indikator dilaksanakan  periode 2-6 November 2021. Survei  melibatkan 2.020 responden berusia di atas 17 tahun dengan rincian sampel basis 1.220 orang dan oversample 800 responden. 

Survei menggunakan metode simple random sampling, dengan toleransi kesalahan sekitar ± 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%.  

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Bersiap Pelat Nomor Kendaraan Ganti Warna dan Dipasangi Chip