Bagikan:

Presiden Tunjuk Dante Rigmalia Jadi Ketua Komisi Nasional Disabilitas

Pembentukan komisi ini bertujuan untuk menghormati, melindungi, dan memenuhi hak penyandang disabilitas.

BERITA | NASIONAL

Rabu, 01 Des 2021 15:50 WIB

Author

Ranu Arasyki

Presiden Tunjuk Dante Rigmalia Jadi Ketua Komisi Nasional Disabilitas

Sejumlah penyandang disabilitas mengikuti pelatihan advokasi inklusi disabilitas di Kediri, Jawa Timur, Selasa (30/11/2021). (Foto: ANTARA/Prasetia Fauzani)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo menunjuk sekaligus melantik Dante Rigmalia, seorang konsultan pendikan anak berkebutuhan khusus sebagai Ketua Komisi Nasional Disabilitas (KND). Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/12/2021). 

Selain menunjuk Dante, Presiden juga melantik sekaligus mengambil sumpah Deka Kurniawan sebagai Wakil Ketua bersama lima anggota KND lainnya.

"Selanjutnya secara bersama-sama harap mengikuti dan mengulangi kata-kata saya, bahwa saya akan setia kepada UU Dasar RI Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya. Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara, bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," katanya pada proses palantikan anggota KND di Istana Negara, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga:

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No.53 M Tahun 2021 tentang Pengangkatan Keanggotaan KND. 

Komisi ini akan beranggotakan Eka Prastama Widiyanta, Kikin Purnawirawan Tarigan Sibero, Fatimah Asri Muthmainah, Jonna Aman Damanik, Rachmita Maun Harahap. Masa jabatan keanggotaan KND ini akan berjalan selama lima tahun sejak pelantikan.

Pembentukan Komisi Nasional Disabilitas merupakan amanat UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dan Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2020. Pembentukan komisi ini bertujuan untuk menghormati, melindungi, dan memenuhi hak penyandang disabilitas.

Sebagai lembaga nonstruktural independen, nantinya KND akan bertugas melakukan pemantauan, evaluasi dan advokasi pelaksanaan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

Sosok Dante Rigmalia

Dari catatan KBR, Dante merupakan seorang instruktur pelatihan di Cipta Aliansi Edukasi Indonesia untuk program penanganan anak berkebutuhan khusus bagi para guru, orang tua, dan pemerhati. 

Dante juga memiliki sebuah yayasan bimbingan belajar "Yayasan Dante Rigmalia" yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Dia telah menyelesaikan pendidikan doktoral pada program studi bimbingan dan konseling di Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia pada 2012.

Editor: Agus Luqman

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Edu Talk IV YPA-MDR: Go Digital Melalui Media Ajar Interaktif