Bagikan:

Muktamar NU ke-34, Yahya Cholil Staquf Terpilih Pimpin PBNU

"Said Aqil Siroj mendapatkan 210 suara dan Yahya Cholil Staquf mendapatkan 337 suara"

BERITA | NASIONAL

Jumat, 24 Des 2021 11:42 WIB

Penghitungan Suara muktamar NU ke-34, Yahya Cholil  Staquf terpilih, Jumat (24/12/21). (TVNU/KBR)

Penghitungan Suara muktamar NU ke-34, Yahya Cholil Staquf terpilih, Jumat (24/12/21). (TVNU/KBR)

KBR, Jakarta-   Rapat Pleno V Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) mengumumkan terpilihnya Yahya Cholil Staquf sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk periode 2021-2026.

Ketua Komite Pengarah sekaligus Pimpinan Sidang, Muhammad Nuh mengatakan keputusan tersebut diambil setelah melakukan pemungutan dan penghitungan suara peserta Muktamar ke-34 yang memiliki hak pilih untuk calon ketua umum PBNU.

"Said Aqil Siroj mendapatkan 210 suara dan Yahya Cholil Staquf mendapatkan 337 suara dan sesuai dengan pasal 28 ayat 2 tata tertib Muktamar ke-34 maka Yahya Cholil staquf tetapkan sebagai Ketua Umum PBNU masa bakti 2021," ujar Nuh dalam Acara Muktamar NU di Lampung, Jumat (24/12/2021).

Nuh mengatakan, keputusan itu dihasilkan dalam agenda yang memiliki agenda pemilihan ketum PBNU digelar di Lampung pada Jumat (24/12) pagi. Dia pun mengucapkan selamat atas terpilihnya Yahya dan berharap masa depan NU lebih baik lagi.

Baca juga: Said Aqil Siradj Siap Pimpin PBNU 3 Periode

Jokowi: NU Bantu Pemerintah Sukseskan Program Vaksinasi Covid-19

Dalam pemilihan tersebut, Yahya bersaing ketat dengan Ketua Umum PBNU Incumbent, Said Aqil Siroj. Diketahui, Yahya pernah menjabat sebagai Katib Aam PBNU pada 2015-2020.

Dahulu, Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur menjadikan Yahya sebagai juru bicara. Selain itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah melantik Yahya sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Selanjutnya dalam kepengurusan PBNU ke depan, Yahya akan bekerja sama dengan Miftachul Akhyar yang kembali terpilih menjadi Rais Aam. 

Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Season 5 - Eps. 8 Chico