Kasus AIDS di Papua Tertinggi di Indonesia

Angka kasus HIV/AIDS di Papua hingga 1 Desember 2021 mencapai 46 ribuan kasus.

NASIONAL

Senin, 06 Des 2021 16:18 WIB

Kasus AIDS di Papua Tertinggi di Indonesia

Ilustrasi. (Foto: ANTARA/HO)

KBR, Jakarta - Angka kasus HIV/AIDS di Papua hingga 1 Desember 2021 mencapai 46.967 kasus. Ketua harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Papua Anton Mote mengatakan, kasus itu tersebar di 28 kabupaten dan satu kota.

Anton mengatakan dengan jumlah itu, Papua berada di urutan keempat provinsi dengan kasus HIV tertinggi di Indonesia, dan urutan teratas untuk kasus AIDS.

"Secara nasional Papua urutan empat, itu untuk HIV. Tetapi untuk kasus AIDS, AIDS adalah pasien yang sudah bergejala, itu kita urutan satu. Dan ini memang cukup mengancam sekali," kata Anton Mote, Senin (6/12/2021).

Anton Mote mengatakan, dua daerah di Papua yang menempati urutan teratas angka HIV/AIDS adalah Kota Jayapura dan Kabupaten Nebire. Hingga kini, jumlah kasus HIV/AIDS di Jayapura mencapai 508 orang dan Kabupaten Nabire 466 orang.

KPA Papua terus mengkampanyekan pencegahan penuluran HIV/AIDS dengan melibatkan LSM, tokoh agama, ODHA, serta berbagai elemen masyarakat.

Baca juga:

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Bersiap Pelat Nomor Kendaraan Ganti Warna dan Dipasangi Chip