Bagikan:

Jokowi Tawarkan Konsesi Minerba ke Pemuda NU

Dan pemerintah, saya menyiapkan kalau siap, saya menyiapkan konsesi. Baik itu yang namanya konsesi terserah mau dipakai untuk lahan pertanian silakan.

NASIONAL

Rabu, 22 Des 2021 16:21 WIB

Jokowi Tawarkan Konsesi Minerba ke Pemuda NU

Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat pembukaan Muktamar NU ke-34 di Lampung, Rabu (22/12/2021).(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo menawarkan konsesi atau hak pengelolaan kepada pemuda Nahdlatul Ulama (NU) untuk memberdayakan ekonomi umat. Itu disampaikan Jokowi saat membuka Muktamar ke-34 NU di Lampung, Rabu (22/21/2021).

Baca juga: Jokowi: NU Bantu Pemerintah Sukseskan Program Vaksinasi Covid-19

"Saya menawarkan yang muda-muda ini dibuatkan sebuah wadah, bisa PT atau kelompok usaha. Dan pemerintah, saya menyiapkan kalau siap, saya menyiapkan konsesi. Baik itu yang namanya konsesi terserah mau dipakai untuk lahan pertanian silakan. Saya juga ingin menyiapkan konsesi minerba. Yang ingin bergerak di usaha-usaha nikel misalnya, usaha batu bara, usaha bauksit, usaha koper, tembaga, silakan," kata Jokowi, Rabu (22/12/2021).

Presiden Jokowi menambahkan, usaha-usaha itu harus dilakukan dalam kelompok usaha besar. Sehingga bisa memberdayakan banyak orang.

Baca juga: KPA: Korban Konflik Lahan Meningkat Sepanjang 2019

Kepala Negara menyebut, pengembangan usaha itu membutuhkan kerja besar. Namun dia yakin NU punya potensi dalam memberdayakan ekonomi umat.

"Saya melihat bahwa kekuatan di NU sekarang, anak-anak mudanya pintar-pintar, santri-santrinya yang pintar. Yang keluaran banyak dari universitas besar di seluruh negara di dunia ini," kata Jokowi.

"Apabila ini bisa dirajut dalam sebuah kekuatan lokomotif, saya meyakini bisa menari gerbong yang ada di bawah untuk bersama-sama dalam rangka mensejahterakan kita semuanya," lanjutnya.

Editor: Agus Luqman

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Season 5 - Eps. 8 Chico