Gempa Magnitudo 7,5 Terasa Hingga ke NTB dan Sulsel

"Seorang warga di Kabupaten Manggarai terluka. Warga sudah mendapatkan pertolongan oleh petugas di lapangan,"

BERITA | NASIONAL

Selasa, 14 Des 2021 14:59 WIB

Gempa Magnitudo 7,5 Terasa Hingga ke NTB dan Sulsel

Informasi peringatan tsunami yang dikeluarkan BMKG. (Foto: Twitter/@infoBMKG)

KBR, Jakarta - Gempa bermagnitudo 7,4 yang mengguncang Laut Flores di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, juga dirasakan masyarakat di Kabupaten Sikka, Lembata dan Manggarai.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan di BNPB, Abdul Muhari mengatakan, gempa bermagnitudo 7,4 terjadi sekitar pukul 12.20 WIT atau 10.20 WIB, Selasa (14/12/2021).

Parameter gempa berada pada 112 km barat laut Kota Larantuka, NTT, dengan kedalaman 10 km.

"Seorang warga di Kabupaten Manggarai terluka.  Warga sudah mendapatkan pertolongan oleh petugas di lapangan," kata Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya.

Selain Kabupaten Flores Timur, Sikka, Lembata dan Manggarai di NTT, sejumlah kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi juga merasakan gempa besar yang berpotensi tsunami tersebut.

"Guncangan gempa dirasakan juga masyarakat di Kota Makassar dan Kabupaten Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan," jelas Abdul Muhari.

Baca: Gempa Bermagnitudo 5,3 Guncang Jember

Bahkan, menurut informasi BPBD Kabupaten Selayar, lanjut Muhari, sebuah gedung sekolah terdampak guncangan gempa.

"Namun BPBD setempat masih melakukan pendataan di lokasi terdampak," jelasnya.

Saat ini, BMKG masih mengeluarkan potensi waspada tsunami, di beberapa wilayah NTT seperti Flores Timur bagian Utara, Pulau Sikka, Sikka bagian utara dan Pulau Lembata.

BMKG juga meminta pemerintah provinsi, kabupaten dan kota yang berada pada status waspada ini segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

BMKG juga menginformasikan estimasi tiba tsunami dengan waktu berbeda di wilayah-wilayah tersebut.

Berita lainnya:


Editor: Kurniati Syahdan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Bersiap Pelat Nomor Kendaraan Ganti Warna dan Dipasangi Chip