Bagikan:

FOMO Sapiens : Rapor Merah Untuk Pemerintah, Hijau Untuk Warganet

Rapor Merah Untuk Pemerintah, Hijau Untuk Warganet

BERITA | NASIONAL | NUSANTARA | RAGAM

Jumat, 31 Des 2021 19:56 WIB

FOMO Sapiens : Rapor Merah Untuk Pemerintah, Hijau Untuk Warganet

Ilustrasi highlight berita sepekan. (Foto : KBR)

KBR, Jakarta - Dalam rangka natal dan tahun baru FOMO Sapiens yang berkolaborasi dengan Podcast HAMburger mau bagi-bagi rapor untuk Pemerintah! Mulai dari capaian pembangunan infrastruktur hingga sejumlah kasus HAM di Indonesia. 

Ada juga obrolan perkara kasus tabrak lari yang melibatkan prajurit TNI yang sedang ramai diperbincangkan masyarakat. Para pelakunya membuang korban di sungai. Kira-kira, bisa atau nggak pelakunya diadili di pengadilan umum?

Kabar-kabar di atas selengkapnya akan dibahas di FOMO Sapiens pekan ini.

1. Rapor Pemerintah 2021: Merah Meriah

Tahun ini pemerintah punya beberapa capaian, utamanya menyangkut pembangunan infrastruktur. Semisal, pembangunan rumah susun dan rumah khusus (53 unit), pembangunan jalan (965,4km), jembatan (446,56 km) dan bandara di 10 lokasi. Akan tetapi, bukan berarti pembangunan infrastruktur lepas dari konflik dengan masyarakat. Jadi, seperti apa lengkapnya rapor untuk pemerintah?

Baca juga : Refleksi 2021: Beragam Tagar Viral untuk Polri, Cara Masyarakat Tuntut Keadilan

2. Tindak Pidana Umum Prajurit TNI Kenapa ke Peradilan Militer, sih?

Tiga prajurit TNI, Kolonel Infanteri P, Kopral Dua DA, Kopral Dua Ad, terlibat tabrak lari di Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kecelakaan terjadi terjadi pada 8 Desember 2021 itu menewaskan Handi Saputra (18) dan Salsabila (14). Oleh ketiga pelaku, Jenazah keduanya dibuang di Sungai Serayu, Jawa Tengah. Kasus tiga anggota TNI akan diproses di peradilan militer, ketiganya diduga melanggar UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas danAngkutan Jalan Raya, antara lain Pasal 310 dan Pasal 312. Selain itu, KUHP Pasal 181, Pasal 359, Pasal 338 dan Pasal 340 dengan ancaman pidana penjara maksimal seumur hidup. Mengingat kasus ini termasuk tindak pidana umum, sebagaian mempertanyakan kemungkinan ketiga diproses di peradilan umum. Mungkinkah?

Baca juga : Selama 2021, 46 Orang Tewas Akibat Konflik Bersenjata di Papua

Simak selengkapnya di FOMO Sapiens pekan ini bareng Malika, Ian Hugen, Jesse Adam & Daniel Awigra dari Podcast HAMburger. Ada juga obrolan mengena tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo selama tahun 2021. 

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke [email protected]

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

“Konversi Kompor Induksi untuk Tekan Subsidi Elpiji”

HUT RI Ke-77, Nasionalisme dan Prestasi Anak Bangsa

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Most Popular / Trending