NASIONAL

Vaksinasi Covid-19, Satgas: Distribusi Mempertimbangkan Skala Prioritas

Vaksinasi Covid-19, Satgas: Distribusi Mempertimbangkan Skala Prioritas

KBR, Jakarta-  Pemerintah akan mengelola sistem distribusi vaksin Covid-19 secara terintegrasi. 

Sistem distribusinya akan dikelola dengan dashboard data yang terintegrasi dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).  

"Prioritas daerah penerima vaksin merupakan salah satu indikator yang dipakai dalam perencanaan vaksinasi," jelas Wiku saat memberikan keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (10/12/2020).

Kata Wiku, KPCPEN bersama Kemenkes, Kominfo, dan PT Bio Farma sedang berkomunikasi secara intensif, untuk memastikan proses pendistribusian yang profesional, tepat sasaran dan dengan mempertimbangkan skala prioritas.

Dia meminta, masyarakat bersabar menunggu informasi lebih lanjut terkait rencana distribusi vaksin Covid-19. 

"Untuk informasi lain yang lebih teknis, seperti porsi dan wilayah pembagian akan disampaikan kemudian setelah tahap-tahap perencanaan tersebut selesai dilakukan," kata Wiku.

Sebelumnya Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebutkan pemerintah telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp637 miliar untuk pengadaan vaksin covid-19 di tahun 2020. 

Sementara pada 2021 pemerintah menyiapkan anggaran untuk vaksinasi covid-19 sebesar Rp17 triliun.

"Mengenai anggaran untuk vaksin untuk di 2020 pengadaan vaksin program bersumber dari BABUN sebesar Rp637.300.800.000 dan ini sudah dibayarkan untuk  tiga juta vaksin. Yang kedua untuk program tahun 2021 nanti dianggarkan melalui anggaran tambahan sebesar Rp17 Triliun," kata Terawan dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Kamis (10/12/2020).

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan sebanyak tiga juta dosis vaksin akan dilakukan pada tahap pertama setelah mendapat penggunaan darurat dari Badan POM.

Tahap pertama vaksinasi akan dilakukan pada tenaga kesehatan di Jawa dan Bali. Selanjutnya tahap kedua untuk tenaga kesehatan wilayah luar Jawa dan Bali.

"Usulan pulau Jawa dan Bali mempertimbangkan besarnya populasi yang berada di pulau Jawa dengan konfirmasi kasus Covid-19 yang tinggi," kata Terawan.


Editor: Agus Luqman 


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

 

  • #jagajarak
  • #jagajarakhindarikerumunan
  • #KBRLawanCovid
  • #cucitangan
  • #satgascovid19
  • #IngatPesanIbu
  • #cucitanganpakaisabun
  • #pakaimasker
  • COVID-19

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!