NASIONAL

Selama Pandemi Lebih 500 Nakes Wafat Karena Covid-19, Menkes Budi Sampaikan Belasungkawa

""Atas nama pemerintah saya mengucapkan turut berbelasungkawa, berdukacita. Rekan-rekan ini adalah garda terdepan dari peperangan kita melawan COVID-19 ini,""

Selama Pandemi  Lebih 500 Nakes Wafat Karena Covid-19, Menkes Budi Sampaikan Belasungkawa
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin memberi keterangan pers seputar covid-19 di Kantor Presiden, Selasa (29/12). (Medsos Setpres)

KBR, Jakarta-      Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan turut berduka atas wafatnya ratusan tenaga kesehatan selama pandemi covid-19. Dia mengatakan selama ini pemerintah sudah mengupayakan berbagai cara untuk mengurangi beban nakes yang bertugas menangani covid.

Kata dia, upaya itu akan terus dilakukan untuk memberikan perlindungan bagi petugas.

"Saya baru terupdate empat hari terakhir sebagai Menteri sudah ada 507 tenaga kerja kesehatan yang wafat pada masa pandemi covid-19 ini. Jadi atas nama pemerintah saya mengucapkan turut berbelasungkawa, berdukacita. Rekan-rekan ini adalah garda terdepan dari peperangan kita melawan COVID-19 ini, dan pemerintah memastikan kami akan melakukan segala sesuatu yang dapat kita perbuat untuk memastikan ke depannya perlindungan tenaga kesehatan akan lebih baik lagi," ujar Budi, dalam keterangannya di Kantor Presiden, Selasa (29/12/2020).

Kata Menkes, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah menekan angka mobilitas masyarakat selama pandemi dan pengadaan vaksin. Menurutnya pengadaan vaksin ini sangat dibutuhkan agar para tenaga kesehatan bisa memiliki perlindungan ekstra. 

Budi mengatakan, pada 2021 mendatang, selama 3 bulan di awal tahun akan dilakukan vaksinasi khusus untuk tenaga medis terlebih dahulu.

"Yang pertama memang tahapan pertama kita akan konsentrasi untuk vaksinasi 1,3 juta tenaga kesehatan dahulu. Rencananya akan dilakukan dalam rentang waktu satu  sampai tiga bulan. Secara bertahap, jadi sebelum selesai tiga 3 bulan kita akan mulai dengan yang tenaga publik. Jadi kita akan mulai dengan health workers dulu, kemudian nanti akan diikuti dengan public workers, sesudah itu baru tahapan selanjutnya sesudah ada konfirmasi dari BPOM." Ujarnya.

Editor: Rony Sitanggang

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

  • COVID-19
  • #jagajarakhindarikerumunan
  • #cucitangan
  • #IngatPesanIbu
  • #pakaimasker
  • #jagajarak
  • #KBRLawanCovid
  • #satgascovid19
  • #cucitanganpakaisabun

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!