Presiden Akan Luncurkan Lembaga Pengelola Investasi Tahun Depan

Jokowi mengatakan LPI akan menyangga keuangan perusahaan BUMN yang bergerak di sektor infrastruktur dan energi

BERITA | NASIONAL

Selasa, 22 Des 2020 12:53 WIB

Author

Resky Novianto

Presiden Akan Luncurkan Lembaga Pengelola Investasi Tahun Depan

Ilustrasi: Mufid Majnun/Unsplash

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pembentukan Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Sovereign Wealth Fund (SWF) akan difinalisasi tahun depan. Lembaga baru ini diproyeksikan akan menjadi alternatif pembiayaan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Jokowi mengatakan LPI akan menyangga keuangan perusahaan BUMN yang bergerak di sektor infrastruktur dan energi.

"Di awal 2021 juga kita akan meluncurkan SWF, Sovereign Wealth Fund yang bernama INA (Indonesia Investment Authority) yang merupakan sumber pembiayaan pembangunan yang baru yang tidak berbasis pinjaman tetapi dalam bentuk penyertaan modal atau ekuitas. Dan ini akan menyehatkan ekonomi kita, menyehatkan BUMN kita terutama di sektor infrastruktur dan energi," ujar Jokowi di Kanal YouTube Setpres RI, Selasa (22/12/2020)

Presiden Jokowi mengungkapkan, saat ini beberapa negara telah menunjukkan ketertarikannya seperti Amerika Serikat, Jepang, Uni Emirat Arab, Saudi Arabia, hingga Kanada. Jokowi menegaskan dalam situasi pandemi, seluruh pihak harus bergerak cepat, salah satunya dengan memperkuat kerja sama dan sinergi. Jokowi optimis ekonomi akan segera bangkit dan pulih kembali seperti sedia kala.

Editor: Friska Kalia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Izin Keruk Harta Karun RI

Kabar Baru Jam 8

Mama 'AB': Mengikat Yang Tercerai

Gelar Konser Musik dan Seni Pertunjukan Offline. Apa Sudah Memungkinkan?