NASIONAL

Pandemi, Presiden Jokowi Putuskan Vaksin Covid-19 Gratis

"“Saya juga ingin tegaskan lagi nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat""

Dwi Reinjani

Pandemi, Presiden Jokowi Putuskan   Vaksin Covid-19 Gratis
Ilustrasi: Vaksin buatan Sinovac, Cina di kantor Bio Farma, Bandung, Jabar. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta-  Presiden, Joko Widodo mengumumkan hasil kajian terkait pemberian vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Menurutnya vaksinasi akan diberikan secara gratis tanpa syarat apapun kepada seluruh masyarakat Indonesia. 

Hal itu dilakukan setelah mengkaji masukan dari berbagai pihak terkait urgensi vaksin bagi masyarakat.

“Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis tidak dikenakan biaya sama sekali,” ujar Jokowi, dalam keterangan pers secara virtual, Rabu (16/12/2020).

Untuk itu Jokowi mengatakan, telah meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk melakukan pemetaan anggaran. Anggaran vaksinasi diambil dari pos  anggaran lain yang memang dimungkinkan.

Selain itu, agar menambah kepercayaan publik terkait efektifitas, keamanan dan kehalalan vaksinasi, maka Jokowi menyatakan akan melakukan vaksinasi pertama, sebelum disebarkan ke masyarakat.

“Saya juga ingin tegaskan lagi nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman.” Ujarnya

Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

 

  • #pakaimasker
  • #cucitanganpakaisabun
  • #IngatPesanIbu
  • #satgascovid19
  • #cucitangan
  • #KBRLawanCovid
  • #jagajarakhindarikerumunan
  • #jagajarak
  • COVID-19

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!