Pandemi, Satgas Covid-19: Dalam 2 Bulan Kasus Naik Hampir 100 Persen

"Perkembangan kasus kematian akibat Covid-19 menunjukkan tren yang memburuk. Terdapat peningkatan jumlah kematian sebesar 20 persen dibandingkan minggu sebelumnya,"

NASIONAL | RAGAM

Rabu, 30 Des 2020 06:25 WIB

Author

Sadida Hafsyah

Pandemi,  Satgas Covid-19: Dalam 2 Bulan Kasus Naik  Hampir 100 Persen

Ilustrasi: Operasi protokol kesehatan di Surakarta, Jateng. (KBR/Yudha S.)

KBR, Jakarta-     Satgas COVID-19 menyampaikan dalam 8 minggu terakhir kasus naik tajam mencapai hampir 100 persen. Kata juru bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito sejak November hingga sekarang dari lebih 23 ribu kasus naik menjadi lebih 48 ribu kasus.

"Sampai dengan sekarang yaitu selama delapan minggu, terlihat adanya kenaikan kasus positif yang tajam dari 23.089 menjadi 48.435," kata juru bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (29/12).

Ia juga mengungkap telah terjadi peningkatan kasus lebih dari 7 ribu kasus positif Covid-19, per Selasa (29/12/20).

"Terjadi penambahan kasus yang cukup tinggi yaitu 7.903. Penambahan kasus positif pada hari ini itu jika dilihat lebih dalam, DKI Jakarta menjadi penyumbang terbesar yaitu di angkat 2.056. Kemudian Jawa Barat menambahkan 1.329. Dan Jawa Tengah sebesar 1.056 kasus. Jika dijumlahkan tiga  provinsi tersebut menyumbangkan 4.441 kasus atau 56 persen dari penambahan kasus hari ini," ujar Wiku dalam konferensi pers Selasa (29/12/20).

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan angka kasus positif mingguan mengalami kenaikan pada minggu ini, yakni sebesar 2,8 persen di tingkat nasional dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Di samping itu, angka kematiannya pun ikut memburuk.

"Perkembangan kasus kematian akibat Covid-19 menunjukkan tren yang memburuk. Terdapat peningkatan jumlah kematian sebesar 20 persen dibandingkan minggu sebelumnya," katanya.

Ia menyebutkan lima provinsi penyumbang peningkatan angka kematian di antaranya Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Jawa Barat, dan Banten. Pemerintah Daerah perlu aktif menerapkan protokol kesehatan di daerahnya.

"Saya meminta kepada masyarakat bersama pemerintah di provinsi-provinsi yang tadi saya sebutkan untuk bekerjasama menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin," tegasnya.

Editor: Rony Sitanggang

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Program Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Tetap Aman dan Sehat Beraktivitas Saat Pandemi

Catatan Vaksin Mandiri