NASIONAL

Pandemi, Kemensos: Realisasi Bansos Lebih 98 Persen

""Setiap bulan 15 kilogram selama tiga bulan. Kemudian yang menerima bantuan pangan nontunai tidak menerima PKH itu 9 juta diberikan bansos sebesar Rp500.000," "

Dwi Reinjani

Pandemi,  Kemensos: Realisasi Bansos Lebih 98 Persen
Penyaluran bansos di kantor desa Sindangherang, Kabupaten Ciamis, Jabar, Kamis (24/12). (Antara/Adeng Bustomi)

KBR, Jakarta-     Kementerian Sosial (Kemensos)  mencatat realisasi Bantuan Sosial (Bansos) telah mencapai sekitar 98 persen per 28 Desember 2020. Sekretaris Jenderal Kemensos  Hartono Laras mengatakan jumlah itu setara Rp 125 trilun dari total pagu sekitar Rp 127 Triliun.

"Realisasinya secara keseluruhan dari Bansos yang termasuk dalam skema program perlindungan sosial di dalam pemulihan ekonomi nasional itu sampai dengan saat ini sudah mencapai 98,54 persen. Jadi kita akan menyelesaikan beberapa waktu. Tapi saya kira angka ini tidak banyak mengalami perubahan. Artinya dari sisi realisasi terkait dengan fisik dan keuangannya ini sudah mencapai 98,54 persen," jelas Hartono dalam webinar bertajuk Kaleidoskop 2020, Selasa (29/12/20).

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos), Hartono Laras mengatakan bantuan ini diberikan kepada masyarakat yang ada dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) maupun yang belum termasuk dalam data tersebut.

Baca: Pemerintah Ubah Skema Bansos

Ia menjabarkan, sejauh ini Kemensos telah memperluas cakupan Program Keluarga Harapan (PKH). Yakni dari yang sebelumnya 9,2 juta keluarga penerima manfaat (KPM) menjadi 10 juta warga.

Skema pencairan PKH juga diubah, dari tiga bulan menjadi setiap bulan. Kemudian Ada tambahan lagi bantuan beras untuk peserta PKH.

"Setiap bulan 15 kilogram selama tiga bulan. Kemudian yang menerima bantuan pangan nontunai tidak menerima PKH itu 9 juta diberikan bansos sebesar Rp500.000," tutur Hartono.

Dalam hal ini, program bantuan pangan non tunai atau program kartu sembako meningkat dari 15,2 juta KPM menjadi 20 juta KPM.

Kata dia, pemerintah juga memberikan bantuan dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dan Kartu Prakerja.

Editor: Rony Sitanggang

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

  • COVID-19
  • #pakaimasker
  • #cucitanganpakaisabun
  • #IngatPesanIbu
  • #satgascovid19
  • #cucitangan
  • #KBRLawanCovid
  • #jagajarakhindarikerumunan
  • #jagajarak

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!