NASIONAL

Jadi Penerima Pertama, Jokowi Ingin Buktikan Vaksin Covid-19 Aman

"“Saya juga ingin tegaskan lagi nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat""

Dwi Reinjani

Jadi Penerima Pertama, Jokowi Ingin Buktikan Vaksin Covid-19 Aman
Ilustrasi: Simulasi vaksinasi COVID-19 di lingkungan Kodam IX Udayana, Denpasar, Bali, Kamis (10/12). (Antara/Nyoman Hendra)

KBR, Jakarta-   Presiden, Joko Widodo menegaskan, dirinya akan menjadi orang pertama yang melakukan vaksinasi covid-19. ia mengatakan hal itu dilakukan agar masyarakat bisa percaya dan merasa aman, dengan kehadiran vaksin tersebut.

“Nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan Kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman.” Ujar Jokowi, dalam keterangan pers secara virtual, Rabu (16/12/2020).

Sebelumnya banyak masyarakat yang meragukan keamanan dan kehalalan vaksin Sinovac asal Cina ini. Bahkan sempat beredar kabar bahwa Ikatan Dokter Indonesia juga menolak vaksinasi yang akan diberikan pemerintah. 

Ketua IDI, Daeng M Faqih menampik hal itu. Menurutnya IDI tidak pernah menolak pemberian vaksin Sinovac. Bahkan ia mengatakan siap menjadi orang pertama penerima vaksin jika memang diperlukan pembuktian.

Sementara itu terkait kebutuhan vaksinasi, Jokowi juga mengatakan  vaksin Sinovac ini akan diberikan gratis kepada seluruh masyarakat. Jokowi mengatakan, setelah mempertimbangkan banyak masukan dan melihat keuangan negara, maka vaksin bisa diberikan secara cuma-cuma. 

Bahkan Jokowi meminta agar Menteri Keuangan, Sri Mulyani membuat skema pembiayaan dari post anggaran lain yang memungkinkan untuk dialihkan ke dana vaksinasi.

“Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis tidak dikenakan biaya sama sekali,” ujar Jokowi, dalam keterangan pers secara virtual, Rabu (16/12/2020).

Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

 

  • #satgascovid19
  • COVID-19
  • #cucitangan
  • #pakaimasker
  • #KBRLawanCovid
  • #cucitanganpakaisabun
  • #jagajarakhindarikerumunan
  • #IngatPesanIbu
  • #jagajarak

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!