Jadi Menteri Sosial, Ini yang akan Dilakukan Risma

"Kami akan perhatian terhadap terutama anak-anak terlantar, kemudian fakir miskin itu yang akan kami prioritaskan untuk program pemberdayaannya,"

BERITA | NASIONAL

Selasa, 22 Des 2020 23:21 WIB

Author

Muthia Kusuma

Jadi Menteri Sosial, Ini yang akan Dilakukan Risma

Calon Mensos Tri Rismaharini di Istana Merdeka, Selasa (22/12). (Setpres)

KBR, Jakarta-    Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma memaparkan sejumlah rencana program kerja seusai namanya disebut Jokowi untuk mengisi kursi Menteri Sosial. Politikus PDIP itu menyebut akan memberdayakan perempuan untuk turut membantu menggeliatkan ekonomi keluarga. 

Pemberdayaan perempuan itu, kata Risma, akan diimplementasikan dalam program koperasi-koperasi pada tingkat kecamatan atau kelurahan. Risma menyebut akan menggandeng sejumlah kementerian, seperti Kemenkes, Kemenkop UMKM, Kemendag dan Kemenperin. 

"Sebagaimana diamanatkan Undang-Undang bahwa yang pertama adalah kemanusiaan keadilan dan fakir miskin itu dan anak-anak terlantar itu dibawah tanggungan pemerintah. Karena itu kami akan perhatian terhadap terutama anak-anak terlantar, kemudian fakir miskin itu yang akan kami prioritaskan untuk program pemberdayaannya," ucap Risma saat konferensi pers virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, (21/12/2020).

Selain program pemberdayaan perempuan, dan anak terlantar dan disabilitas, calon Mensos Risma mengatakan akan melakukan perbaikan data kependudukan terkait penerimaan bantuan program Kemensos.

Lanjut Risma, terkait data kependudukan tersebut, pihaknya akan menggandeng Kementerian dalam Negeri dan perguruan tinggi yang ada di wilayah wilayah masing-masing.

"Kalau kita bisa bersama-sama, tentunya percepatan untuk pengurangan kemiskinan dan pengurangan terutama untuk warga yang membutuhkan seperti penyandang disabilitas dan kemudian sosial, masalah sosial itu bisa ditangani secara komprehensif dan terintegrasi, meskipun harus kami harus melakukannya, tidak bisa sendiri, kami harus bekerjasama dengan Kementerian yang lain," ungkapnya.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Vaksinasi "Drive Thru" Pertama Indonesia

Pahlawan Gambut

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10