covid-19

Dugaan Gibran Beri Rekomendasi Wadah Bansos Covid-19, Ini Jawaban Sritex

"Kami juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menglarifikasi"

BERITA | NASIONAL

Senin, 21 Des 2020 21:42 WIB

Author

Muthia Kusuma

Dugaan Gibran Beri Rekomendasi Wadah Bansos Covid-19, Ini Jawaban Sritex

Cawakot Solo Gibran Rakabuming Gibran Rakabuming Raka, saat ditemui wartawan blusukan dan bagi makanan di Banyuagung, Solo, Senin (21/12). (KBR/Yudha S,)

KBR, Jakarta-    PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex membantah keterlibatan perusahaannya dalam pengadaan wadah bansos Covid-19 atas rekomendasi Gibran Rakabuming Raka putra sulung Presiden Joko Widodo. Jubir PT Sritex, Joy Citradewi menjelaskan, kerja sama kontrak antara PT Sritex dengan Kemensos bermula pada April 2020 lalu. 

Kata Joy, Kemensos menyetujui langsung perusahaan rekanan yang membuat goodie bag dalam jumlah banyak dan waktu yang singkat untuk paket bansos Covid-19 diberikan kepada PT Sritex.

"Kami juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menglarifikasi bahwa kami tidak memiliki rekomendasi apapun mengenai order ini. Yang diisukan bahwa putra sulung pak Jokowi merekomendasikan PT kami, itu juga tidak benar," ucap Joy kepada KBR, Senin  (21/12/2020).

Jubir PT Sritex Joy Citradewi menambahkan, pihaknya tidak dapat membuka informasi mengenai isi kontrak kerja sama, yaitu soal jumlah pesanan Kemensos serta nilai kontrak kerja sama kedua belah pihak.

"Nah itu pihak-pihak di luar dua pihak dalam kontrak tidak bisa mendapat informasi dalam kontrak tersebut," ungkapnya.

Sebelumnya putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, membantah tudingan dia memberikan rekomendasi wadah Bansos Covid 19. Gibran menegaskan tidak pernah terlibat dalam kasus tersebut. 

Gibran meminta jurnalis mengecek langsung ke perusahaan tekstil itu.

"Saya tidak pernah ikut-ikut, apalagi merekomendasikan. Kalau tidak percaya silakan dicek ke PT Sritex, cek aja ke KPK. Saya nggak pernah seperti itu. Bohong semua itu. Kalau langkah hukum, ya lihat nanti saja. Kalau saya sih merasa sangat dirugikan. Enak saja nulis berita yang nggak bener itu. Nggak ada bukti, sumber nggak jelas. Buktikan saja lah." ujar Gibran Rakabuming Raka.

Sebelumnya majalah Tempo menyajikan liputan investigasi terkait aliran Bansos yang menjerat Menteri Sosial, Juliari Batubara, dan saat ini ditangani KPK.

Liputan tersebut menyebutkan informan yang identitasnya dirahasiakan mengungkap proyek penyediaan kantong kain Bansos ke salah satu perusahaan tekstil di Sukoharjo tanpa lelang. Masuknya nama Sritex diduga  atas rekomendasi putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. 

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Niatan Berantas Intoleransi di Lingkungan Pendidikan

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11